Dagelan Cerdas Cermat, Dua Game Lokal Edukatif dan Lucu

Game Dagelan Cermat
Sumber :
  • Dagelan

VIVA.co.id - Untuk ikut menyemarakkan perayaan HUT RI ke-70, Dagelan, akun Instagram hiburan merilis dua mobile game edukasi terbaru bernama Dagelan Cerdas dan Dagelan Cermat secara bersamaan pada 10 Agusutus 2015.

Misi Besar Industri Game Nasional

Dagelan Cerdas dan Dagelan Cermat, masing-masing memiliki karakter yang berbeda. Dagelan Cerdas mengedepankan pertanyaan benar atau salah (true or false question) mengenai ilmu pengetahuan umum.

Dalam Dagelan Cerdas, para pemain harus membaca soal dan memilih jawaban dengan cepat dan tepat. Lewat pertanyaan-pertanyaan yang disajikan, Dagelan Cerdas dapat menambah pengetahuan umum pemainnya.

Sementara itu, Dagelan Cermat lebih mengedepankan ketangkasan berhitung pemainnya lewat soal-soal matematika  dasar. Pada game ini, pemain diajak melatih sinkronisasi antara otak dan tangan agar bisa menjawab soal matematika dasar dengan cepat dan tepat.

Chief Marketing Officer (CMO) Dagelan, Danny Syah Aryaputra, menjelaskan, meski memiliki dua karakter yang berbeda, dua game tersebut diciptakan dengan kemasan yang menarik, lucu, menyenangkan, mudah dimainkan, serta bisa mengasah ketangkasan berpikir segala usia.

“Dagelan Cerdas dan Dagelan Cermat diharapkan bisa menjadi trigger (pemicu) untuk masyarakat Indonesia mengadakan lomba cerdas-cermat melalui ponsel,” kata Danny dalam keterangannya, Rabu 12 Agustus 2015.

Menariknya, Dagelan Cerdas dan Dagelan Cermat tidak membutuhkan koneksi internet saat bermain, sehingga pemain bisa memainkan game ini di mana saja dan kapan saja.

Hari Game Indonesia, Begini Cara Merayakannya

Dagelan Cerdas dan Dagelan Cermat  sudah dapat diunduh di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS) secara gratis.

Dalam proyek kedua game ini, Dagelan masih bekerjasama dengan pengembang game lokal yaitu, Touchten. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan industri game tanah air.

Menurut Danny, game Dagelan tetap memilih TouchTen karena mereka sudah terpercaya dengan menciptakan game-game mobile yang sukses di taraf internasional. Pertimbangan lainnya, yaitu untuk meningkatkan perhatian masyarakat Indonesia terhadap pengembang game lokal.

Direstui, 8 Agustus Sebagai Hari Game Indonesia

“Kami melihat bahwa TouchTen adalah salah satu perusahaan game terbaik di Indonesia dan kenyataan ini, membuat kami yakin bahwa memilih mereka adalah keputusan yang tepat,” kata Danny.

Chief Executive Officer
(CEO) Touchten, Anton Soeharyo mengatakan menyambut baik rilis game dukatif tersebut.

"Kami ingin membuktikan bahwa game tidak menciptakan hal negatif, tapi justru dapat menjadi suatu hal yang edukatif untuk masyarakat," kata Anton. (ren)

Ilustrasi video game.

Begini Cara Kuasai Industri Game Dalam Negeri

Perlu pembenahan ekosistem industri game dalam negeri

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016