Kominfo Blokir 22 Situs Musik Ilegal

Konferensi pers penutupan situs musik ilegal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menutup akses 22 situs musik ilegal. Penutupan itu berdasarkan laporan dari Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI).

Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika), Bambang Heru Tjahyono, mengungkapkan sebelumnya berdasarkan laporan juga, pihaknya telah menutup akses 22 situs untuk unduh film secara gratis. Kini, instansinya melakukan hal serupa dengan menutup jalur ke 22 laman musik ilegal.

"Sebelumnya kita sudah menutup 22 situs film, sekarang kita tutup akses ke 22 musik ilegal," ucap Bambang di Ruang Serbaguna, Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin, 23 November 2015.

Bambang melanjutkan, saat ini puluhan situs tersebut sudah diblokir sejak 12 November. Ia menyampaikan tak menutup kemungkinan, pada waktu mendatang akan ada situs-situs serupa yang akan ditutup aksesnya.

"Pasti ada kemungkinan ada yang akan ditutup lagi. Pemblokiran ini dilakukan Kominfo berdasarkan laporan dari asosiasi ke HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)‎. Lalu, HAKI yang akan melanjutkan ke Kominfo. Jadi, nanti Kominfo yang akan blokir melalui ISP (Penyelenggara Jasa Internet)," ungkapnya.

Langkah Kominfo tersebut, diapresiasi oleh para musisi lokal hingga internasional. Setidaknya, dalam peresmian pemblokiran 22 situs‎, ada Giring Nidji, Zivilia, Joshua Suherman, Gita Gutawa, Billy Simpsons, hingga Arkarna.

DPR Dorong Produksi CD Musik dan Film Diberi Insentif

Berdasarkan data dari ASIRI, pengakses 22 situs tersebut mencapai 430.000 per bulan. Apabila satu pengakses mengunduh satu lagu saja, dengan asumsi satu lagu seharga Rp7.000, maka kerugian diperkirakan mencapai Rp66 miliar sebulan sehingga potensi pendapatan negara dari pajak yang hilang mencapai Rp6,6 miliar per bulan.

Berikut 22 situs yang ditutup aksesnya:

1. laguhit.com
2. mp3days.net
3. weblagu.com
4. wapkalagu.com
5. iozmusik.com
6.‎ lagu.in
7. carilagu.net
8. bursalagu.net
9. beemp3s.org
10. arenalagu.com
11. saranmu.com
12. tubidy.im
13. stafaband.info
14. memomp3.com
15. zinhu.com
16. mp3take.com
17. kumpulbagi.com
18. onlagump3.com
19. newlagump3.com
20. targetlagu.com
21. musik-corner.info
22. musicxplore.com

Ilustrasi penggunaan internet di layar komputer.

AJI Minta Pemblokiran 11 Situs Diuji Pengadilan

Apakah penilaian pemerintah tersebut sudah obyektif

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016