Trik Setop Aplikasi Facebook Sedot Data Anda

Facebook.
Sumber :
  • Reuters/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

VIVA – Pengguna Facebook masih dibayangi dengan perlindungan data. Kekhawatiran data pribadi pengguna ini meluas sejak terbongkarnya skandal bocornya data pengguna Facebook. 

Menerapkan Perlindungan Data Pribadi Bukan Tugas yang Mudah

Ide menghapus Facebook kadang membuat pengguna berpikir dua kali. Sebabnya, pengguna punya banyak data di platform tersebut dan khawatir data mereka akan hilang bersamaan dengan menghapus akun Facebook. 

Selain Facebook, pengguna juga harus mewaspadai aplikasi pihak ketiga yang ada pada platform media sosial tersebut. Sebab aplikasi pada Facebook juga mengambil data pengguna, secara tanpa disadari. 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Ada beberapa trik untuk membersihkan dan mencegah akun Facebook Anda tidak dimata-matai aplikasi pihak ketiga. Berikut triknya dikutip dari Gadgetsnow, Senin 26 Maret 2018: 

1. Buka akun Facebook Anda

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

2. Klik ikon tanda panah ke bawah, dan pilih Setting atau pengaturan

3. Pilih 'Aplikasi' pada bagian sisi kiri

4. Pilih aplikasi apa saja yang Anda inginkan

5. Klik ikon 'X' untuk menghapus aplikasi pihak ketiga

6. Begitu mengklik tanda 'X', pengguna akan mendapat notifikasi yang menginformasikan langkah tersebut akan menghapus data pengguna pada aplikasi tersebut. Klik tombol hapus/remove

Pada pop up tersebut, pengguna akan diberitahu bahwa menghapus aplikasi belum jaminan akan menghapus semua data pada aplikasi yang ingin dihapus. Facebook mengatakan kemungkinan aplikasi yang bakal dihapus masih menyimpan data pengguna yang telah dibagikan. 

   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya