Tiga Layanan Komputasi Awan ala Anak Bangsa

Ilustrasi cloud computing.
Sumber :
  • www,pixabay.com/wynpnt

VIVA – Penggunaan komputasi awan atau cloud computing cukup bermanfaat untuk mengatasi kurangnya tempat penyimpanan file dan data penting. Tak hanya pengguna pribadi, UKM juga cukup terbantu dengan cloud computing.

AWS dan Telkomsel Usung Program 'Terampil di Awan'

Anak usaha Telkom yang bergerak di solusi IT, Telkomsigma, memiliki cara inovatif untuk bisa memanfaatkan cloud. Mulai dari pengguna smartphone, UKM sampai startup.

Berikut teknologi berbasis komputasi awan dari Telkomsigma yang bisa dimanfaatkan siapa saja.

Malaysia Jadi Batu Loncatan

Mobile Cloud 

Layanan ini dapat diunduh melalui play-store. Layanan mobile cloud juga merupakan layanan three in one dari tiga tools colaboration yang menjadi satu. Seperti  personal storage, mail dan chat, di tambah fitur travel dan transaksi voucher games.

Kedaulatan Data Dorong Adopsi Multicloud

Pengguna dapat melakukan backup memori handphone, apabila terjadi handphone rusak atau hilang, pengguna bisa mengembalikan datanya kembali. Manfaat lainnya adalah mendapatkan account email dan berkomunikasi dengan text, voice call dengan layanan chat.

Pada bulan Ramadan kali ini, Mobile Cloud tidak hanya memberikan free storage 16GB selama tiga bulan, namun juga memiliki program menarik, yaitu pembagian THR bagi pengguna yang beruntung, hanya dengan download, register dan sharing di media sosial.

Selain itu, melalui fitur Travel pengguna dapat melakukan pembelian tiket kereta, pesawat dan hotel. Khusus untuk pesawat pengguna bisa mendapatkan diskon voucher hingga nominal Rp300 ribu untuk seluruh maskapai di bulan Ramadan ini.

Ke depannya akan semakin banyak fitur yang ditambahkan seperti pembayaran telepon, pembelian pulsa, asuransi dan lain lain.

My Cloud SME

Ini merupakan layanan cloud yang diperuntukkan khusus mendukung bisnis SME atau UKM di Indonesia, memungkinkan perusahaan untuk membuat dan mengelola grup pengguna, besaran storage serta kebijakan keamanan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya.

Portal Cloud

Inilah wadah inovator-invator di Indonesia untuk dapat mengembangkan produk-produk berbasis cloud, baik dari sisi infrastruktur maupun pemasaran produknya.

Di dalam Portal Cloud berisi layanan-layanan IaaS, SaaS, dan PaaS yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari pengguna.

Dalam rangka memperkenalkan Portal Cloud ini, Telkomsigma mengadakan program SaaS Accelerator.

Program ini merupakan lomba pengembangan aplikasi berbasis SaaS yang dikembangkan melalui portal cloud. Portal Cloud ingin menjadi Home of IT Startup di Indonesia.

"Mobile Cloud, My Cloud SME dan Portal Cloud yang merupakan inovasi baru karya anak bangsa untuk Indonesia. Layanan ini diharapkan dapat membawa masyarakat Indonesia yang terbiasa menggunakan layanan public cloud asing, untuk dapat berpindah memanfaatkan produk karya anak bangsa,” ujar Direktur Marketing Telkomsigma, Achmad Soegiarto di Jakarta, Jumat, 11 Mei 2018. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya