6 Kiat Foto Sunset Hanya Modal Smartphone

Samsung Galaxy Note 9 di Samsung Galaxy Premium Studio, Central Park, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Smartphone Samsung Galaxy Note 9 yang dirilis pada Agustus 2018 dilengkapi dengan pengaturan profesional pada fitur kamera.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Fotografer dan videographer profesional, Kay Moreno, berbagi pengetahuan mengenai teknik pengambilan gambar Matahari menjelang petang atau sunset dan pengambilan gambar ketika minim cahaya.

Pengambilan gambar Matahari tenggelam jika diatur dengan jitu, maka akan menghasilkan nilai seni yang indah. Berikut kiat memotret sunset atau saat cahaya redup menggunakan smartphone.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

1. Pilihlah filter warna yang vivid atau yang jelas dan tajam. ISO perlu diatur di angka 50 dengan f/2.4, shutter speed 350, dan temperatur warna manual di kelvin jika cahaya masih mencukupi.

Pengguna yang ingin mendapat warna lebih hangat, Kay menyarankan untuk menaikan white balance hingga 8.000.

Catat Kemunculan Samsung Galaxy S24 FE ke Publik

"Tidak masalah selama itu hanya pemandangan, langit biru bisa dijadikan merah itu enggak apa-apa. Tapi yang jadi problem ketika objeknya adalah manusia. Kita harus ambil jalan tengah," kata dia, dalam workshop Samsung Galaxy Note 9, di Bintan, Kepulauan Riau, Senin, 1 Oktober 2018.

2. Tanpa objek manusia, foto pemandangan bisa dibuat lebih dramatis. Namun jika cahaya sudah minim, disarankan untuk menurunkan shutter speed secara perlahan, dari 750 sampai 100. Namun, jika masih gelap, bukaan bisa diubah ke f/1.5.

"Kalau semakin gelap lagi, ISO-nya naikan pelan-pelan, 400 aja, jangan dipaksa sampai 800. Tapi tidak apa-apa, cuma sebisa mungkin ditahan untuk menjaga kualitas. Semakin tinggi, semakin besar potensi noise," ujarnya.

3. Hampir sama jika ingin mengabadikan momen saat low light atau redup. Jika objeknya manusia, fotografer harus memastikan warna kulitnya.

Pengambilan gambar juga dipengaruhi oleh cahaya lampu, yang mana bila dalam warna yang hangat, maka disarankan untuk menurunkan ISO ke angka normal.

"Kalau lampu pijar biasa itu 3.500, kalau halogen ISO-nya 3.000. Jadi di kulit orang tidak terlalu merah. Kita harus bisa mengakali seperti wajah untuk menghadap ke sumber cahaya. Lebih baik kejar warna kulit, kalau speed mau diturunkan lagi sampai 5.000 itu tidak apa-apa," jelas Kay.

4. Tangan disarankan untuk tidak bergerak saat pengambilan gambar. Sebab, Galaxy Note 9 akan memberi catatan jika mengalami kesalahan pada saat proses pengambilan gambar.

5. Pengambilan gambar objek manusia jika diambil melalui sisi samping akan menghasilkan efek dramatis.

6. Fotografer tidak boleh mengandalkan flash, mereka harus memikirkan sudut pandang dan penempatan objek yang cocok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya