5 Aplikasi Android Pemantau Hilal Lebaran

Mudik Lebaran 2022 di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Bulan Ramadhan 1443 Hijriah akan segera berakhir dan digantikan dengan Bulan Syawal di mana Hari Raya Idul Fitri tiba. Penentuan akhir Ramadhan dan awal Syawal berdasarkan terlihatnya hilal Lebaran yang diamati setiap hari ke-29 dalam kalender Islam.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Metode penentuan hilal Lebaran bisa dilakukan dalam dua cara, rukyat dan hisab. Rukyat dilakukan dengan melihat hilal menggunakan mata telanjang atau dengan menggunakan alat.

Bahkan, kegiatan tersebut bisa dilakukan dari smartphone lewat sebuah aplikasi. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi yang menunjukkan fase Bulan dan aplikasi kalender Bulan, seperti dikutip dari situs Android Authority, Rabu, 27 April 2022:

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

1Weather

Ini adalah salah satu aplikasi cuaca terbaik yang menunjukkan fitur suhu saat ini, ramalan harian, ramalan 10 hari, ramalan 12 minggu, radar cuaca, dan fitur berguna lainnya. Salah satu fitur yang lebih unik adalah fase Bulan.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Aplikasi 1Weather akan memberi tahu pengguna mengenai fase Bulan serta dua fase berikutnya dan tanggalnya. Ini juga akan menunjukkan fase Bulan selama rentang sepuluh hari ke depan.

Daff Moon Phase

Platform ini menampilkan fase Bulan saat ini serta kalender fase Bulan Purnama, informasi lengkap tentang Gerhana Bulan, Gerhana Matahari, panjang hari, Matahari terbit dan waktu terbenam, dan banyak lagi.

Daff Moon Phase juga dilengkapi dengan lima widget, pemberitahuan push yang dapat disesuaikan, dan info tentang delapan planet utama. Satu lagi yang paling penting, bahwa platform tersebut sepenuhnya gratis dan tanpa iklan.

Google Search atau Google Assistant

Fitur dari Google ini akan berguna untuk banyak hal, fase Bulan adalah salah satunya. Caranya dengan bertanya kepada Google Assistant tentang fase Bulan, gerhana, prediksi, dan lainnya.

Namun, ini tidak akan memberi pengguna pengetahuan mendalam tentang aplikasi fase Bulan atau aplikasi kalender Bulan lainnya.

Platform digunakan hanya untuk melihatnya sesekali. Ini juga gratis dan tersedia di hampir setiap perangkat Android.

My Moon Phase

Aplikasi ini akan menunjukkan fase Bulan saat ini, kalender fase Bulan yang akan datang, waktu Bulan terbit dan terbenam, waktu jam emas dan jam biru, dan banyak lainnya. Bahkan dilengkapi dengan beberapa fitur cuaca yang sangat mendasar seperti tutupan awan.

Phases of the Moon

Berikutnya adalah salah satu aplikasi kalender Bulan dan aplikasi fase Bulan yang lebih populer.  Ini mencakup semua fitur dasar, termasuk fase Bulan, kalender Bulan, Bulan terbit dan waktu yang ditetapkan, dan banyak lagi.

Ini juga termasuk simulasi 3D yang dibuat oleh Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), peta Bulan yang interaktif dan mendidik, bahkan wallpaper hidup. Jadi, Phases of the Moon sangat baik untuk pendidikan, terutama untuk anak-anak belajar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya