Mudah Banget, 6 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Ilustrasi bermain ponsel.
Ilustrasi bermain ponsel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA Tekno – Cara mengembalikan foto yang terhapus di Android sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Ponsel saat ini menjadi salah satu barang yang dipakai untuk mengabadikan sejumlah momen penting dalam hidup. Tapi, bisa jadi kamu secara tak sengaja menghapus foto di ponsel. Terlebih, seringnya foto yang terhapus tidak langsung bisa dipulihkan.

Kamu mungkin akan merasa panik dan kebingungan lantaran tidak mengetahui cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di ponsel. Tapi tenang saja, karena memulihkan foto yang sudah terhapus saat ini sudah tidak mustahil lagi. Karena ada banyak cara mengembalikan foto yang terhapus di ponsel dengan mudah.

Apalagi saat ini ponsel Android menjadi primadona di kalangan masyarakat. Berbagai merek kini menghiasi dunia teknologi di Indonesia dan dengan kemajuan teknologi sejumlah cara dapat dilakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus. Nah, berikut ulasan mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus di Android:

1. Pakai Google Photos

Google Photos

Google Photos

Photo :
  • Tangkapan Layar

Google Photo dapat menjadi salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di Android dengan mudah. Meski secara teknis Google Photos juga berbentuk aplikasi, tapi biasanya aplikasi ini sudah tersedia gratis dan terunduh di ponsel Android mereka apa pun. Caranya juga disebut paling ampuh untuk mengembalikan foto yang terhapus tanpa bantuan komputer. 

Secara otomatis, Google Photos akan menyimpan foto maupun video yang terhapus ke dalam trash selama 60 hari. Tapi tentu saja, syaratnya kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi dari layanan Google Photos. Untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di Android dengan memakai Google Photos adalah sebagai berikut. 

  • Buka aplikasi Google Photos di ponsel kamu.
  • Kemudian pilih ikon garis tiga di sudut kiri atas.
  • Lalu pilih ikon tempat sampah atau opsi Trash/Sampah.
  • Kemudian klik foto yang hendak dipulihkan dengan cara klik dan tahan beberapa saat sampai tanda centang muncul.
  • Pilih ikon tanda panah melingkar atau opsi Recovery/Pulihkan yang terdapat di bagian atas.
  • Tunggu prosesnya dan foto kamu telah kembali ke galeri ponsel.

2. Deleted Photo Recovery

ilustrasi ponsel.

ilustrasi ponsel.

Photo :

Untuk kamu yang masih bingung tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di Android, kamu bisa mengunduh aplikasi Deleted Photos Recovery, yang telah diunduh lebih dari 60 ribu kali di PlayStore. 

Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan dan kecepatan dalam mengembalikan foto yang sudah terhapus dan bahkan foto yang tersembunyi di perangkat Android. Mudahnya lagi, kamu tidak membutuhkan PC atau laptop untu memakai aplikas ini. 

3. Aplikasi Dumpstar

Ilustrasi pengguna ponsel.

Ilustrasi pengguna ponsel.

Photo :
  • JagaJaga

Jika kamu hendak mencari cara mengembalikan foto yang terhapus di Android secara permanen, aplikasi satu ini dapat membantu kamu. Aplikasi tersebut akan berperan selayaknya cloud storage, yang akan secara otomatis menyimpan foto yang ada di ponsel kamu. 

Selain itu, aplikasi tersebut juga menjamin keamanan data. Untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di Android, kamu hanya perlu mengecek di folder Bin dan Restrore atau Pulihkan yang telah terhapus di ponsel milikmu. 

4. Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Ilustrasi menggunakan aplikasi pesan instan dari ponsel.

Ilustrasi menggunakan aplikasi pesan instan dari ponsel.

Photo :
  • U-Report

Aplikasi tersebut juga dapat menjadi salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di Android yang kamu miliki. DiskDigger ini akan bekerja dengan melakukan restore atau pemulihan pada foto yang sudah terhapus di ponsel. Jika ponsel Android kamu sudah di-root, maka kamu bisa leluasa memakai fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini. 

5. Aplikasi DigDeep Image Recovery

Ilustrasi perempuan membaca pesan dari ponsel.

Ilustrasi perempuan membaca pesan dari ponsel.

Photo :
  • JTBC

Aplikasi tersebut bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di ponsel Android milikmu. Kamu bisa memulihkan foto yang terhapus di memori internal maupun eksternal. Jadi, kamu tidak usah bingung bila tidak mengetahui cara mengembalikan foto yang terhapus di memori internal ponsel. 

Kamu hanya perlu masuk ke dalam aplikasi tersebut. Setelah itu, lakukan proses pemindaian atau scanning. Aplikasi DigDeep Image Recovery itu akan langsung bisa menemukan foto yang hilang atau terhapus di ponsel. 

6. Aplikasi Restore Image

Ilustrasi lihat kata-kata lucu di ponsel

Ilustrasi lihat kata-kata lucu di ponsel

Photo :
  • Pixabay

Apakah kamu ingin mengembalikan foto yang terhapus di ponsel tanpa root? Kamu bisa mendapatkan dengan memakai aplikasi Restore Image. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan untuk memulihkan foto yang terhapus, baik disengaja maupun tidak disengaja.