HP Samsung Galaxy A23, Desainnya Naik Kelas

Samsung Galaxy A23.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Samsung Galaxy A23 dibekali Quad Camera 50MP, RAM hingga 6GB yang didukung RAM Plus, prosesor Octa-Core, FHD+ PLS Infinity-V Display, hingga baterai 5000mAh.

Samsung Galaxy A23 5G dengan Snapdragon 695, Apa Hebatnya

HP Rp3 jutaan tersebut sudah hadir di Indonesia pada awal bulan ini. VIVA Tekno diberi kesempatan untuk mengulas Samsung Galaxy A23. Nah, sebelum memutuskan untuk membawanya pulang, simak dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Desain HP ini sudah naik kelas. Rumah untuk kamera belakangnya dibuat rata dan menyatu dengan material plastik glossy yang meninggalkan jejak sidik jari.

Samsung Galaxy A23 5G, Ponsel Pemula dengan Tampilan 'Waterdrop'

Sementara pada bagian depannya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 dan bingkai plastik. Di sisi samping terdapat tombol volume serta power yang sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari.

Namun, Samsung Galaxy A23 masih mempertahankan jack headphone 3,5 mm bersama mikrofon peredam bising sekunder.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Samsung Galaxy A23.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Secara keseluruhan desainnya hanya sedikit melenceng dari 'saudaranya', Galaxy A33 dan A53, tapi secara garis besar nuansanya tetap sama.

Sayang, untuk layar mereka menggunakan teknologi PLS TFT tidak sebaik Super AMOLED atau IPS LCD.

Meski begitu, layar 6,6 inchi HP ekonomis atau masuk kategori entry-level itu dilindungi Corning Gorilla Glass 5 sehingga dijanjikan tahan gores dan pecah. Kualitasnya sudah mendukung FHD+ dengan Refresh rate 90Hz.

Soal kamera, Samsung Galaxy A23 dijejali empat kamera belakang. Sensor utamanya adalah lensa wide angle 50 MP bukaan f/1.8 dengan PDAF dan OIS atau optical image stabilization.

Sungguh mengejutkan melihat OIS di sana karena umumnya perangkat kelas menengah tidak dilengkapi dengan teknologi stabilisasi jenis apapun.

Lensa lainnya adalah 8 MP ultrawide dan 2 MP depth dan macro shooters. Untuk penggunaan siang hari, warna foto akan terlihat cerah dengan fokus subjek yang tepat dan dynamic range.

Deteksi di luar objek juga jauh lebih baik daripada perangkat entry-level lainnya berkat sensor kedalaman. Tapi dalam kondisi cahaya yang rendah, kinerja Samsung Galaxy A23 menurun.

Meski dapat melakukan pekerjaan dengan baik dalam menangkap detail, tapi hasil akhirnya noise grain. Sementara itu kamera depan mempunyai resolusi 13 MP.

Kualitas videografi meningkat dari generasi sebelumnya, hingga 4K pada 30 fps ditambah terdapat OIS. Jadi, seharusnya untuk penggunaan fotografi, HP ini bisa memuaskan pengguna.

Samsung Galaxy A23 dan A13.

Photo :
  • Samsung indonesia

Dari sisi dapur pacu, Samsung Galaxy A23 menggunakan chipset Snapdragon 680 Octa-Core 2,4GHz yang telah mendukung jaringan 4G LTE dengan kecepatan unduh hingga 390 Mbps dan upload 150 Mbps.

Prosesor besutan Qualcomm ini memungkinkan perangkat menjadi pilihan tepat untuk gamer dengan anggaran terbatas. Sedangkan baterainya adalah 5.000mAh dengan pengisi daya cepat 25W yang disertakan di dalam kotak.

Namun sayang, dukungan 25W masih terlalu lambat, karena untuk kelas yang sama banyak ponsel menggunakan pengisian cepat 33W atau 44W.

Samsung Galaxy A23, yang sudah tersedia di toko luring maupun daring, memiliki tiga varian warna kekinian, yakni peach, blue, dan black, serta kapasitas memori RAM 6GB/ROM 128GB dengan RAM Plus seharga Rp3,5 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya