Puan Kasih Tips Fotografi Estetik Cuma Modal Smartphone

Samsung Galaxy A53 5G.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Fotografer Putri Ayunda mengungkapkan bahwa dirinya melakukan dokumentasi sehari-harI menggunakan sebuah smartphone. Tidak hanya itu, momen yang dia lewati juga ditangkap menggunakan kamera ponsel.

5 Merek Ponsel 5G yang Laku Dibeli Konsumen Indonesia

Nyatanya, hanya mengandalkan kamera di ponsel genggam juga bisa menghasilkan karya yang estetik. Putri Ayunda membagikan beberapa kiat fotografi perkotaan dan pencahayaan.

"Perspektif adalah teknik yang paling bisa di-explore dari fotografi HP," ujarnya dalam acara Urban and Lighting Photography powered by Samsung Galaxy A53 5G di bilangan Jakarta Selatan, Senin malam, 14 November 2022.

iPhone 15 Pro Max bikin Apple Bisa Bernafas Lega

Hasil foto Galaxy A53 5G

Photo :
  • Misrohatun Hasanah
Penjualan Tablet Sudah Ada Titik Terang

Perhatikan juga leading lines. Hal tersebut merupakan kunci dari komposisi fotografi dan itu akan meningkatkan dimensi. Teknik ini bisa digunakan untuk jalan, rel kereta atau jembatan.

Angle juga bisa ditangkap dari atas atau bawah jika dirasa angle yang dilihat dari mata terkesan biasa saja. Alasannya karena beberapa hal tidak bisa langsung disaksikan oleh indra mata.

Tips lainnya adalah dengan memperhatikan arah datangnya cahaya tanpa harus takut terjadi backlight. Kemudian, bisa melakukan framing pada objek.

Hasil foto Galaxy A53 5G

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Wanita yang akrab disapa Puan ini juga memberi saran untuk melakukan refleksi, seperti menggunakan genangan air atau kaca kendaraan agar foto terlihat estetik.

Selanjutnya mengambil foto dengan peletakkan kamera di posisi paling rendah. Mendapatkan gambar yang estetik juga bisa berasal dari negative space, misal seperti foto langit.

Puan juga memberi tips soal sense of place atau biar foto yang berbicara, bisa berupa foto kemacetan atau kereta yang tengah beroperasi. Dua terakhir adalah candid pada stranger dan meminta seseorang untuk berpose.

Hasil foto Galaxy A53 5G

Photo :
  • Hasil foto Galaxy A53 5G

Untuk urban and lighting photography, dia menggunakan Samsung Galaxy A23 5G yang membawa 64MP OIS Quad Camera, lensa Ultra Wide 12MP, Pro Mode, dan Night Mode.

Guna memaksimalkan hasilnya Puan menyarankan untuk menggunakan resolusi kamera 64MP untuk capture cityscape. Hasilnya juga akan smooth dan stabil karena hadirnya Optical Image Stabilization (OIS).

Samsung Galaxy A53 5G dibanderol mulai dari Rp5,8 juta untuk RAM 8/128 GB dan Rp6,3 juta untuk RAM 8GB/256GB dalam pilihan warna Awesome Peach, Awesome Blue, Awesome White, dan Awesome Black.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya