VIDEO: Hologram 3D 'Hidupkan' Putri Leia Star Wars

Hologram 3D karakter Star Wars, Putri Leia
Sumber :
  • www.thesun.co.uk/Nature

VIVA – Sebuah eksperimen pembuatan hologram 3D sukses menghidupkan kembali karakter Star Wars, Putri Leia.

Seniman Spanyol Bakal Nikah dengan Hologram, Pertama di Dunia dan Ini Alasannya

Inovasi tersebut membuat terobosan dalam hologram. Umumnya, hologram hanya 2 dimensi, sehingga efek hologram tidak akan terlihat bila seseorang melihat dari sudut pandang lain. Namun tim peneliti Universitas Brigham Young Amerika Serikat membuat hologram dengan proyeksi 3D, maka objek akan terlihat dari sisi manapun. 

"Kami selalu memiliki ide untuk membuat momen Putri Leia dari Star Wars. Kami selalu ingin membuat apa yang orang-orang lihat di film sains fiksi. Saya berpikir bagaimana membuatnya berbeda. Pikiran pertama saya adalah sekumpulan nanobot yang bersinar dan laser," ujar Profesor Daniel Smalley dari Universitas Brigham Young, dilansir laman The Sun, Minggu 28 Januari 2018. 

Geger, Wanita Menikah dengan Hologram di Tempat yang Tak Terduga

Solusi dari pikiran Smalley yaitu menahan partikel kecil di dalam perangkap laser. Partikel tersebut nantinya akan berada di udara oleh laser, setara itu proyektor laser lainnya akan mewarnai di atas partikel tersebut.

Para pembuat hologram ini berkata, produknya bukan lagi sebatas ilusi namun dibuat seperti aslinya. 

Main Sepakbola di Bulan Bisa Dilakukan pada 2035

Smalley menuturkan, hasil hologram ini bukan hanya untuk penghormatan terhadap film Star Wars, namun juga bisa digunakan pada bidang kesehatan atau bisnis. Misalnya jika akan melakukan operasi jantung, hologram ini bisa digunakan untuk melihat bagian jantung yang akan dioperasi. 

"Orang-orang menghabiskan uang untuk perjalanan bisnis hanya untuk berada di ruangan yang sama dengan seseorang, berjabat tangan, melihat ke matanya dan membangun kepercayaan," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya