Intip Kecanggihan Baru S Pen Samsung Galaxy Note 9

S Pen di Samsung Galaxy Note 9.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan Samsung Galaxy Note 9 di pasar Tanah Air, Kamis 23 Agustus 2018. Seri anyar Galaxy Note ini membawa pembaharuan S Pen. Ada beberapa inovasi S Pen untuk mendampingi kecanggihan ponsel ini, salah satunya adalah konektivitas Bluetooth Low-Energy (BLE), kompatibilitas dengan sistem ekstensi PC, Samsung DeX dan pengintegrasian dengan beberapa fitur. 

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Fitur BLE pada S Pen akan berperan sebagai remote control. Pengguna bisa menggunakannya untuk pengambilan gambar dengan jarak 10 meter. Jika ingin berpindah dari kamera depan ke kamera belakang, Anda hanya perlu mengkliknya sebanyak dua kali. 

Perangkat pendukung berupa pena ini akan semakin memudahkan pengguna dalam membuat catatan, menggambar sampai membuat ilustrasi. Sedangkan DeX  bisa digunakan sebagai keyboard atau trackpad

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Selain untuk penggunaan kamera, S Pen juga kompatibel digunakan pada galeri, voice recorder, Samsung Music, Samsung Video, Microsoft PowerPoint, B612, YouTube, Snapchat, Spotify, dan lain sebagainya.

Jika pengguna mengklik satu atau dua kali tombol pada S Pen saat memainkan musik, maka musik akan secara otomatis bisa play, pause, selanjutnya, atau sebelumnya. Tergantung kebutuhan pengguna. Fitur ini juga bisa digunakan saat Anda melihat galeri foto atau video.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

S Pen kemungkinan besar tidak akan mudah hilang karena perangkat tersebut mempunyai tempat di antara badan ponsel. Pengguna bisa menyimpan S Pen melalui bagian bawah ponsel. Samsung mengklaim, S Pen hanya membutuhkan waktu selama 40 detik untuk kembali membuatnya terisi penuh. Bisa digunakan selama 30 menit atau hingga 200 klik.

Perangkat ini memiliki panjang 106 milimeter dengan berat 3,1 gram, tip 0,7 milimeter dan tingkat sensitivitas 4.096. Seperti pasangannya, Galaxy Note 9, S Pen juga diklaim sebagai perangkat yang tahan air dan debu dengan IP68. Terdapat tiga varian warna pada ponsel, midnight black dan metallic copper dengan warna S Pen hitam, dan ocean blue dengan S Pen Kuning.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya