Begini Caranya Lengserkan Samsung, Xiaomi dan Oppo di Indonesia

Vivo V17 Pro.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Ponsel ini berhasil melengserkan Samsung, Xiaomi, Oppo atau pun Realme. Keempatnya bukan lagi pemimpin pasar smartphone atau ponsel pintar di Indonesia. Ponsel yang dimaksud adalah Vivo.

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Mereka memimpin pasar smartphone dengan pangsa pasar sebesar 21,2 persen pada kuartal II 2020. Di belakangnya menempel Oppo yang mencapai 20,6 persen, Samsung 19,6 persen, Xiaomi 17,9 persen, dan Realme 13,6 persen. Lantas, apa strategi ponsel China tersebut sukses menjadi pilihan pengguna Indonesia?

Baca: Ajaib, Kamera Vivo X50 Pro Bisa Gerak-gerak

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Menurut Research Associate Counterpoint, Tanvi Sharma, kesuksesan Vivo tumbangkan keempat vendor smartphone tersebut karena strategi penetapan harga yang agresif, permintaan yang besar dari segmen kelas menengah ke bawah, dan Tier-2.

"Selain itu Vivo juga kuat di segmen offline. Adapun ponsel yang dicari penggunanya saat ini adalah Vivo Y12, Y91C, dan Y50," kata dia, seperti dikutip VIVA Tekno dari laporan terbaru Counterpoint Research, Senin, 7 September 2020.

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Di belakang Vivo ada Oppo yang menempel ketat. Menurut Tanvi, meski ada di peringkat kedua tetapi Oppo terhitung sukses bertahan di pasar smartphone Tanah Air karena merangsang pasar dengan smartphone seri A.

Penjualan smartphone di Indonesia lewat online tumbuh 70 persen (yoy) dan 7 persen (qoq). Sementara total pangsa pasar smartphone di online mencapai titik tertinggi sepanjang masa yakni sebesar 19 persen selama kuartal II 2020, jika dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu yang hanya 9 persen.

"Lonjakan ini terutama disebabkan oleh kebutuhan pengguna akan physical dan social distancing yang dipicu oleh COVID-19, serta strategi pemasaran inovatif seperti misalnya belanja melalui WhatsApp," jelas Tanvi.

Tak hanya itu. Laporan terbaru Counterpoint Research menyebutkan bahwa Xiaomi dan Realme saling berlomba menjadi jawara merek paling dikenal di Indonesia. Associate Director Counterpoint, Tarun Pathak, sudah memiliki data siapa pemilik merek smartphone tersebut. Penasaran? Klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya