Samsung Garap Alat Pelacak Objek, Sertifikasinya di Indonesia

Alat pelacak objek pintar milik Samsung.
Sumber :
  • MacRumors

VIVA – Samsung berencana akan memperluas cakupan merek atau brand Galaxy lebih jauh. Hal ini terlihat dari produk internet of things (IoT) terbarunya yang bocor bernama Samsung Galaxy Smart Tag, sebuah alat pelacak objek pintar yang terhubung ke smartphone menggunakan fitur SmartThings Find.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Perangkat dengan nama Galaxy Smart Tag dengan nomor model EI-T5300 telah disertifikasi oleh Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi di Indonesia. Ada kemungkinan pabrikan Korea Selatan itu sedang mengerjakan pelacak objek, seperti dikutip dari situs Sammobile, Rabu, 2 Desember 2020.

Baca: Samsung Galaxy A32 5G Punya Lensa Misterius

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Produk ini juga digadang-gadang bakal menjadi pesaing berat dari perangakat tracking populer di bawah brand Tile, yang sudah kuat untuk perangkat tracking portable atau melacak barang.

Sebenarnya ini bukan pertama kali raksasa teknologi Korea Selatan ini mengerjakan hal semacam itu. Sebelumnya, Samsung pernah merilis alat pelacak objek yang mendukung LTE di bawah merek SmartThings Find dua tahun lalu.

Catat Kemunculan Samsung Galaxy S24 FE ke Publik

Masuk akal jika mereka akan mengimplementasikan fitur SmartThings Find ke dalam pelacak objek di masa depan. Biasanya alat pelacak ini akan hadir dengan teknologi bluetooth. Samsung juga memungkinkan menanamkan lebih banyak teknologi konektivitas di dalamnya, seperti UWB (Ultra Wide-band), LTE, dan GPS.

Kabar keberadaan Samsung Galaxy Smart Tag ini pun juga menunjukkan seberapa besar Samsung ingin bersaing dengan Apple pada produk-produknya di masa depan. Sebab, Apple diketahui lebih dahulu ingin menawarkan perangkat serupa dengan nama AirTags, yang rencananya akan meluncur pada Maret 2021.

Fungsinya pun kurang lebih sama. Hanya berbeda pada pelacakan produk yang tentunya khusus untuk produk Apple. Sementara Samsung Galaxy Smart Tag baru disebut segera dirilis tahun depan tetapi bulannya belum ditentukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya