Duel Sengit Oppo Find X3 Pro vs iPhone 12 Pro

Oppo Find X3 Pro vs iPhone 12 Pro
Sumber :
  • TechRadar

VIVA – Jajaran seri Oppo Find X3 baru saja diumumkan yang terdiri dari Oppo Find X3, Find X3 Neo, Find X3 Lite, dan Find X3 Pro. Seri ini dikenal sebagai ponsel Oppo kelas atas yang dilengkapi dengan berbagai fitur premium. Di sini, Oppo Find X3 Pro jadi perangkat andalan pada seri tersebut.

Dua Ponsel Sultan China Tak Mampu Goyang Canggihnya Samsung Galaxy S21

Mengutip situs Tech Radar, Senin, 15 Maret 2021, kali ini, Oppo Find X3 Pro mencoba menantang iPhone 12 Pro, salah satu ponsel premium terbaru andalan Apple, yang rilis secara global pada tahun lalu. Berikut perbandingannya yang dirangkum VIVA Tekno.

Baca: Begini Jadinya kalau Sesama iPhone Diadu

Xiaomi Mi 11 Ultra vs Oppo Find X3 Pro, Duel Spek Papan Atas

Harga

Kedua smartphone ini jauh dari kata murah. iPhone 12 Pro 128GB dibanderol Rp20,5 juta, 256GB Rp21 juta, dan 512GB Rp25 juta di Indonesia. Sedangkan Oppo Find X3 Pro 5G yang tidak akan rilis hingga 14 April mendatang dan baru tersedia di Inggris, Irlandia, dan Australia saja harganya mulai dari 1.149 euro atau Rp19,7 juta.

Buruan Beli Oppo Find X3 Pro 5G, Jangan Sampai Nyesal

Harga tersebut 30 persen lebih mahal daripada Oppo Find X3 standard yang hanya 749 euro atau Rp12,8 juta dan hampir tiga kali lipat dari harga varian Lite, yang dimulai dari 449 euro atau Rp7,7 juta.

Rancangan

Desain iPhone 12 Pro berbeda dari iPhone 11 Pro berkat sisi datarnya dengan tepi tajam 90 derajat. Desain Apple yang satu ini belum pernah ada sejak zaman iPhone 5, dan seluruh rangkaian iPhone 12 mendapat manfaat dari rancangan estetik ini.

Penambahan baru lainnya termasuk Ceramic Shield di bagian depan menggantikan kaca di iPhone 11. Apple telah bekerja sama dengan Corning untuk membuat struktur yang bukan dari kaca, melainkan kristal nano yang memiliki kekuatan empat kali lipat lebih kuat dibanding tahun lalu.

Perangkat ini hadir dalam varian warna grafit, silver, gold dan pacific blue. Sementara itu Oppo Find X3 Pro juga tampil cukup bagis meski tidak terlalu mencolok secara visual seperti pendahulunya.

Berkat ukuran layarnya yang besar, hanya ada sedikit bezel yang terlihat di sini. Tampilannya agak mirip dengan Samsung Galaxy 21 dari sisi depan, tapi beda posisi di bagian kamera selfie. Di bagian belakang perangkat, modul kamera telah dibungkus sehingga menyatu dengan desain yang ramping. Perangkat hadir dalam varian warna blue dan gloss black.

Tampilan

iPhone 12 Pro memiliki layar OLED 6,1 inchi dengan refresh rate 60 Hz. Sedangkan Oppo Find X3 Pro memiliki layar AMOLED 6,7 inchi dengan refresh rate 120 Hz, atau sedikit lebih besar. Artinya, Oppo memiliki warna yang lebih cerah dengan konsumsi daya yang lebih efisien.

Kamera

iPhone 12 Pro hadir dengan tiga kamera yang masing-masing beresolusi 12 MP dengan opsi lensa wide, lensa ultra wide dan zoom telefoto 2x. Ada juga sensor keempat, ialah pemindai LiDAR, yang memudahkan iPhone untuk mengetahui apa yang dilihatnya.

Oppo Find X3 Pro jadi smartphone pertama yang menggabungkan dua kamera utama 50MP, lensa wide dan ultra wide dengan sensor Sony IMX 766, yang bertujuan untuk merevolusi cara pengguna membuat video dan mengambil foto saat bepergian. Kedua perangkat ini memiliki kamera selfie 32MP f/2.4.

Spesifikasi dan performa

iPhone 12 Pro mengemas chipset A14 Bionic Apple bersama dengan RAM 6GB yang menawarkan kekuatan untuk melewati hampir semua tugas dan menjadikan perangkat sebagai ponsel tercepat yang pernah diuji. Perangkat ini juga menjalankan iOS 14, sistem operasi (OS) Apple yang terbaru dan paling mulus.

Adapun Oppo Find X3 Pro menawarkan chipset Snapdragon 888 dan RAM 12GB, yang dua kali lebih cepat dari iPhone. Perangkat tersebut menjalankan OS Android 11 yang dilapisi dengan ColorOS 11.2. Keduanya menyertakan dukungan 5G untuk kecepatan internet secepat kilat dan sertifikasi IP68 untuk menjaganya tetap tahan debu dan air.

Daya tahan baterai

Tidak diketahui secara persis seberapa besar baterai di iPhone 12 Pro. Akan tetapi perangkat ditemukan masih memiliki setengah dari dayanya hingga tengah malam. Ponsel ini dapat bekerja selama 48 jam. Menurut klaim Apple, iPhone 12 Pro dapat menjalankan video streaming hingga 17 jam dan audio hingga 65 jam.

Sementra Oppo Find X3 Pro dilengkapi dengan baterai 4.500mAh sehingga bisa bertahan sehari penuh dengan satu kali pengisian daya. Mereka juga menyediakan pengisian daya 65W SuperVOOC 2.0 Flash Charge.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya