Lebih Baik Jangan Simpan iPhone di Motor

iPhone XS.
Sumber :
  • Instagram/@9techeleven

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS), Apple, memperingatkan para pengguna bahwa getaran dalam frekuensi tertentu, salah satunya dari mesin sepeda motor berkekuatan tinggi, bisa merusak sistem kamera iPhone.

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

"Memaparkan iPhone Anda pada getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor berdaya tinggi, bisa menurunkan kinerja sistem kamera," demikian keterangan resmi Apple, seperti dikutip dari situs Mashable, Senin, 13 September 2021.

Sistem kamera di berbagai model iPhone menggunakan optical image stabilization (OIS) dan closed-loop autofocus (AF). OIS ini berfungsi agar gambar tidak kabur meski pun penggunanya bergerak. OIS dapat ditemukan di iPhone keluaran terbaru, iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus dan iPhone 7.

Terpopuler: Pemotor yang Mudik akan Dikawal, 2 Motor Baru Honda di Indonesia

Sementara itu, closed-loop AF berfungsi untuk menetapkan fokus pada subjek foto tidak bergerak, begitu juga untuk video dan pengambilan gambar panorama. Teknologi ini terdapat di iPhone XS ke atas.

Getaran yang tinggi bisa merusak gyroscope dan magnet pada OIS dan closed-loop AF sehingga akan berdampak pada kualitas foto dan video. Apple menyarankan pengguna tidak langsung menempelkan iPhone ke sepeda motor berdaya mesin tinggi supaya tidak rusak. Biasanya getaran tinggi berada di chasis dan stang.

Viral Sosok Riccie Playboy, Pria Asal Medan yang Gemar Bagi-bagi Iphone

Sementara moped atau skuter memiliki amplitudo getaran yang rendah dibandingkan sepeda motor. Apple juga menyarankan mengurangi paparan ke getaran untuk mengurangi risiko kamera rusak dan menggunakan peredam getaran jika harus menempelkan iPhone ke kendaraan.

Sebelumnya, Apple mengumumkan acara peluncuran iPhone 13 secara virtual akan berlangsung pada Selasa, 14 September 2021. Acara yang berlangsung pukul 10.00 PT atau 15 September pukul 00.00 WIB itu akan mengusung tagline "California streaming" dan akan disiarkan dari Apple Park.

iPhone 13 dikabarkan akan memiliki ukuran yang sama dengan iPhone 12. Beberapa spesifikasi dari iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, dan iPhone 13 Mini mulai terkuak. Harga iPhone 13 diarapkan ada di kisaran iPhone 12. Satu kebocoran menunjukkan bahwa salah satunya akan memiliki harga yang sama persis.

iPhone 12 Mini atau termurah di tahun lalu dibanderol mulai dari US$699 atau Rp10 juta. Sementara iPhone 12 Pro Max memiliki harga US$1.099 atau Rp15 jutaan. iPhone 13 nampaknya tidak akan memiliki desain yang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Meski begitu, Apple tampaknya akan mengubah desain kamera belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya