Duel Xiaomi 12 Vs Samsung Galaxy S21 FE 5G, Siapa Jawaranya?

Ponsel Samsung Vs Xiaomi.
Sumber :
  • NewEsc

VIVA – Samsung Galaxy S21 FE 5G akhirnya muncul ke publik setelah mengalami penundaan. Sebelumnya, banyak yang mengira ponsel ini akan bersaing dengan Xiaomi Mi 11 yang dirilis pada 2020.

Samsung Experience Lounge Hadir di Jakarta, Semua Serba Pakai AI

Namun sepertinya Samsung Galaxy S21 FE 5G diciptakan untuk melawan Xiaomi 12 yang sudah diumumkan akhir tahun kemarin.

Nah, untuk mengetahui siapa yang lebih unggul di antara keduanya, yuk, kita ajak duel spesifikasi antara Samsung Galaxy S21 FE 5G dengan Xiaomi 12, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs Gizmochina, Kamis, 6 Januari 2022:

Ini 3 Fitur Favorit Pengguna Galaxy AI

Desain

Xiaomi 12 dan Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki desain yang sangat berbeda. Sebab, ponsel yang diproduksi vendor asal China itu mempunyai dimensi yang sangat ringkas, hanya berukuran 152,7 x 69,9 x 8,2 mm.

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Selain itu desainnya juga sangat minimalis dengan rasio layar terhadap bodi yang tinggi dan modul kamera ringkas, menampilkan warna yang sama dengan bagian belakang.

Sedangkan Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki Contour Cut Design, serta menampilkan modul kamera dengan warna yang sama dengan penutup belakang seperti Xiaomi 12.

Meski begitu, ponsel asal Korea Selatan itu memiliki ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IP68. Sisi belakang terbuat dari plastik, sementara bingkainya terbuat dari aluminium dan kaca depan dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Layar

Teorinya, Xiaomi 12 memiliki tampilan yang lebih baik daripada Samsung Galaxy S21 FE 5G, kendati panelnya jauh lebih kecil. Xiaomi 12 mempunyai diagonal 6,28 inci dengan panel OLED yang menampilkan hingga satu miliar warna dan mendukung resolusi Full HD+, kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10+, dan Dolby Vision.

Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki layar lebih besar dengan diagonal 6,4 inci serta refresh rate 120 Hz, HDR10+, dan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Tetapi tidak memiliki Dolby Vision dan hanya menampilkan 16 juta warna seperti kebanyakan ponsel lainnya. Kedua ponsel mengandalkan pemindai sidik jari dalam layar untuk otentikasi.

Spesifikasi dan perangkat lunak

Xiaomi 12 jauh lebih kuat dari Samsung Galaxy S21 FE 5G karena menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1. Dibangun dengan proses produksi 4 nm dan berjalan pada frekuensi maksimal 3 GHz, prosesor octa-core ini jadi generasi terbaik yang dirilis oleh Qualcomm dan dipasangkan dengan RAM hingga 12GB serta UFS 3.1 hingga ROM 256GB.

Samsung Galaxy S21 FE 5G juga tidak mengecewakan karena hadir dengan chipset Snapdragon 888, RAM hingga 8GB dan ROM 256GB. Kedua ponsel menjalankan Android 12, tetapi memiliki antarmuka atau UI yang berbeda.

Kamera

Kamera utama Xiaomi 12 sebenarnya lebih baik ketimbang Samsung S21 FE 5G karena menawarkan sensor 50 MP dengan OIS. Sedangkan kamera Samsung hanya 12 MP dengan OIS.

Tapi ponsel China itu tidak memiliki lensa tele, sedangkan perangkat Korea Selatan tersebut memilikinya dengan zoom optik 3x beserta sensor ultrawide 12 MP.

Baterai

Xiaomi 12 dan Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki kapasitas baterai yang sama, 4.500mAh. Namun, Xiaomi 12 seharusnya bisa menjamin masa pakai baterai yang lebih lama, karena memiliki layar yang lebih kecil dan prosesor yang dibangun dengan proses produksi 4 nm. Pengisian dayanya juga lebih cepat berkat pengisian cepat 67W dan pengisian nirkabel cepat 50W.

Harga

Samsung Galaxy S21 FE 5G dibanderol mulai dari US$846 atau Rp12 juta. Sementara Xiaomi 12 harganya mulai dari US$575 atau Rp8 juta di China dan belum tersedia secara global.

Secara keseluruhan, Xiaomi 12 terlihat seperti perangkat yang lebih baik kecuali pengaturan kamera sekundernya. Ponsel ini juga berukuran ringkas dan mungkin bukan yang terbaik untuk pengguna yang mempunyai produktivitas tinggi serta gamer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya