India Siap Bikin Sistem Operasi untuk Saingi Android dan iOS

iOS vs Android.
iOS vs Android.
Sumber :
  • App Samurai

VIVA – India lagi siap-siap membuat sistem operasi (OS) untuk smartphone atau ponsel pintar. Mereka seperti tidak ingin bergantung pada OS Android dan iOS yang kini berbagi kekuasaan bisnis pasar ponsel global.

Menteri Negara Bidang Pengembangan Keterampilan, Kewirausahaan, Teknologi, Informasi dan Komunikasi India, Rajeev Chandrasekhar, mengatakan sedang mempelajari kemampuan startup dan institusi akademik untuk membuat OS buatan dalam negeri.

"Yang pasti kami bukanlah yang ketiga (di belakang Android dan iOS)," jelas dia. Alternatif sistem operasi Android dan iOS bukanlah hal baru.

Ada beberapa produsen teknologi sudah membuatnya seperti BlackBerry 10, Bada OS, Tizen, Windows Phone dan WebOS, yang semuanya tumbang di ruang smartphone, seperti dikutip VIVA Tekno dari laman Android Authority, Kamis, 27 Januari 2022.

Meski begitu, masih ada beberapa pemain yang aktif di ruang ini, seperti KaiOS, yang menargetkan ponsel berfitur, dan Sailfish OS.

Huawei juga telah menawarkan platform HarmonyOS meskipun itu terlihat seperti Android 10 dan EMUI dengan beberapa perubahan.

Jadi, OS alternatif buatan negeri Bollywood ini tidak menjadi yang pertama untuk mencoba merebut mahkota posisi ketiga setelah Android dan iOS.