5 Cara Cek IMEI Samsung untuk Memastikan HP Resmi atau Tidak

IMEI.
Sumber :
  • Android Central

VIVA – Cara cek IMEI Samsung secara resmi saat ini sudah bisa dilakukan dengan beberapa metode. IMEI atau International Mobile Equipment Identity ini merupakan sebuah kode yang ada di masing-masing ponsel. Kode ini terdiri dari 14 sampai 16 digit angka dan semuanya bersifat unik atau masing-masing ponsel mempunyai kode IMEI yang berbeda-beda. 

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

Nomor IMEI ini berfungsi sebagai salah satu identitas dari ponsel itu sendiri. Jika nomor tersebut dimasukkan ke dalam sebuah sistem pengecekan, maka akan muncul berbagai informasi seputar ponsel. Nomor IMEI ini juga menjadi penentu keaslian dari ponsel Samsung yang kita miliki. Bila kamu menemukan informasi berbeda dengan tipe ponsel Samsung yang dimiliki, maka bisa dipastikan bahwa ponsel tersebut adalah palsu. 

Bukan hanya itu, IMEI juga kerap dipakai oleh operator seluler untuk melakukan pemblokiran terhadap layanannya. Bahkan, beberapa tahun yang lalu, muncul wacana pemblokiran nomor IMEI terhadap ponsel yang dipasarkan secara ilegal.  Nantinya, semua operator seluler dapat mendeteksi apakah ponsel Samsung yang dimiliki adalah barang black market atau pasar gelap atau resmi. 

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Jika peraturan tersebut sempat berlaku, maka nantinya kita tidak dapat memakai layanan data, SMS, dan telepon pada ponsel ilegal tersebut. Untuk memastikan apakah ponsel Samsung yang dimiliki berasal dari black market atau tidak, ada baiknya kita melakukan pengecekan IMEI terlebih dahulu. Cara cek IMEI Samsung ini juga sangat mudah dilakukan. Nah, berikut adalah ulasan selengkapnya tentang cek IMEI yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Cek IMEI Samsung dengan Kode

Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

Ilustrasi IMEI pada ponsel.

Photo :
  • Istimewa

Salah satu cara cek IMEI Samsung asli atau bukan bisa dilakukan dengan menggunakan kode khusus yang nantinya akan menampilkan informasi nomor IMEI. Jika kamu memakai ponsel Samsung dual sim, maka akan muncul dua nomor IMEI berbeda. Tidak banyak orang yang mengetahui cara yang satu ini, sebab biasanya IMEI bisa diketahui melalui body atau dusbook perangkat. 

Namun, cara mengecek IMEI dengan kode khusus ini sangat bermanfaat untuk mencocokan IMEI yang ada di dalam sistem perangkat kamu dengan yang tertera di dalam dusbook. Kamu hanya perlu menekan *#06# pada panel tombol perangkat. Tanpa perlu menekan tombol Call, sistem ponsel otomatis akan memulai proses pengecekan IMEI. Hanya dalam hitungan detik, nomor IMEI akan muncul di perangkat kamu. 

2. Cek IMEI Samsung Melalui Dusbook

Hp Samsung terbaru.

Photo :
  • Samsung indonesia

Cara berikutnya kamu dapat mengetahui kode IMEI melalui kardusnya. Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu di bagian samping atau bawah kotak ponsel. Bila memang ponsel tersebut benar-benar asli, maka akan tercantum kode IMEI di kotak ponsel. Ciri-ciri keberadaan kode IMEI adalah ikon dengan barcode. 

Umumnya, kode IMEI akan ada di bagian bawah barcode yang tercantum di kardus ponsel. Cara ini bisa kamu terapkan untuk semua jenis ponsel Android, bukan hanya Samsung. Kemudian, untuk memastikan keaslian ponsel, kamu juga harus mencocokan kode IMEI yang ada di dalam kardus dengan yang ada di ponsel dengan cara pertama tadi. Bila semua kode itu sama, berarti produk Samsung yang kamu beli benar-benar asli. 

3. Cek IMEI Samsung di Bagian Baterai

Cocokkan IMEI pada kemasan dan bodi.

Photo :
  • Forumjualbeli.net

Cara berikutnya ini adalah dengan mengecek pada bagian baterai ponsel Samsung. Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel, ada baiknya untuk menyempatkan terlebih dahulu mengecek pada bagian baterainya. Bila kode IMEI yang tercantum dalam baterai sama dengan yang ada di kotak berarti ponsel tersebut adalah asli. 

Perlu diketahui bahwa cara yang satu ini hanya dapat dilakukan untuk ponsel yang bisa melepaskan baterai. Mayoritas ponsel keluaran terbaru biasanya tidak bisa melepaskan baterai. Namun cara ini cukup penting, kamu hanya perlu melihat sisi belakang baterai kemudian cari ikon barcode dan lihat bagian bawahnya. Di sana kamu akan menemukan banyak angka, tapi cari baris kode yang diawali dengan angka 35. 

4. Cek IMEI Samsung di Menu Setting

cek imei

Photo :
  • U-Report

Selain beberapa cara di atas, kamu juga dapat mencoba cara cek IMEI Samsung yang satu ini. Untuk mengeceknya juga sangat mudah, kamu hanya perlu membuka menu pengaturan atau setting yang ada di dalam ponsel Samsung. Kemudian cari About Phone atau Tentang Ponsel. Setelah itu, kamu hanya perlu mencari kode IMEI yang terdiri dari deretan angka dengan barcode. 

Nantinya, akan muncul dua nomor IMEI berbeda bila kamu memakai ponsel Samsung dual SIM. Bila kesulitan, dalam menu pengaturan juga sudah disediakan kolom pencarian, jadi kamu hanya tingga memasukkan tulisan About Phone sehingga memudahkan untuk mencari nomor IMEI. Kemudian jangan lupa untuk mencocokan nomor tersebut dengan yang ada di dalam kardus ponsel. 

5. Cek IMEI Samsung dengan Situs

IMEI.

Photo :
  • Android Central

Setelah kamu menetahui nomor IMEI dengan cara di atas, saat ini kamu hanya perlu mengecek informasi lebih rinci tentang kode IMEI tersebut. Hal ini begitu penting sebagai cara untuk mengetahui keaslian ponsel Samsung yang dimiliki. Caranya kamu hanya perlu mengunjungi situs imei.info. Setelah terbuka, masukkan nomor IMEI yang sudah didapatkan tadi di kolom pencarian. 

Jika sudah memasukkan nomor IMEI, berikutnya kamu hanya perlu mengisi Captcha dan klik tombol “Check”. Tunggu beberapa detik sampai muncul informasi mengenai nomor IMEI yang berisi model ponsel, perusahaan pembuatan, tahun rilis, sampai spesifikasi harware yang dimiliki oleh ponsel. Dari informasi tersebut, kamu bisa memastikan apakah ponsel tersebut asli atau tidak. 

Demikianlah ulasan mengenai cara cek IMEI Samsung. Semua cara yang sudah dijabarkan di atas memang sangat mudah dilakukan, tapi sangat penting dan berguna untuk mengecek keaslian ponsel yang kamu miliki. Jadi jangan sepelekan nomor IMEI tersebut, karena pada dasarnya merupakan bagian dari identitas ponsel Samsung. 

Ilustrasi Korban pembunuhan

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

Penyidik Polsek Kelapa Gading Jakarta Utara melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) mengenai penemuan wanita hamil tewas bersimbah darah di Ruko Jalan Boulevard, Kel

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024