Samsung Bangkit, Xiaomi Bertahan

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • AnandTech

VIVA Tekno – Setelah dua setengah tahun terpuruk, Samsung akhirnya berhasil menempati posisi pertama di pasar smartphone Indonesia pada kuartal I 2022, menurut International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Perusahaan asal Korea Selatan ini merilis beberapa model utama, seperti seri andalan Galaxy S22 dan model Galaxy A03 bersama dengan seri A lainnya. Pertumbuhan year over year (YoY) mencapai 2,9 persen.

Seri Galaxy A53 5G, A52s 5G dan S22 yang baru saja dirilis mendorong pangsa Samsung di segmen 5G hingga 40 persen.

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Samsung Galaxy S22 Ultra.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah
Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Oppo mengambil posisi kedua di kuartal ini dengan A95 dan A76 sebagai driver terbesar mereka. Kedua model rilis bersama dengan seri kelas menengah lainnya yang berhasil menumbuhkan segmen menengah di kisaran harga US$200-400 atau Rp3-6 juta sebesar 67 persen quarter over quarter (QoQ).

Pengiriman 5G yang terbatas pada seri Reno dan Find X meningkat 56 persen QoQ. Namun, pangsa Oppo di segmen 5G jauh lebih rendah yaitu 3,7 persen di kuartal tersebut dibandingkan dengan 26,4 persen kuartal I 2021 karena vendor lain telah memperluas portofolio 5G mereka di waktu yang sama.

Oppo A95.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Vivo menduduki peringkat ketiga dengan model Y15s dan Y21 sebagai pendorong terbesarnya. Perusahaan terus mengembangkan segmen kelas menengahnya karena Y33 dan V23e terus menjadi yang terdepan bersama dengan dukungan model Y75 dan V23.

Segmen ultralow-end (di bawah US$100 atau Rp1,4 juta) menurun secara signifikan karena Vivo mengurangi pengiriman Y1 di Januari-Maret 2022. Perusahaan asal China ini juga merilis lebih banyak model 5G kelas menengah, menggandakan pengiriman 5G QoQ.

Pasar smartphone di Indonesia kuartal I 2022

Photo :
  • International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker

Xiaomi mempertahankan posisi keempat pada kuartal ini meskipun mengalami kesulitan pasokan selama dua bulan pertama di tahun ini. Seiring dengan peningkatan pasokan di bulan Maret, Xiaomi mampu meningkatkan pangsa segmen kelas bawah (US$100-200 atau Rp1,4-3 juta) dan kelas menengah secara signifikan.

Pengiriman 5G Xiaomi juga mengalami peningkatan tajam dengan bantuan seri Redmi 11 Note dan Poco M4 Pro yang baru dirilis, membantu perusahaan mempertahankan posisinya sebagai pemain terbesar kedua di segmen smartphone 5G.

Xiaomi Redmi Note 11 Pro dan Note 11 Pro 5G.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Selanjutnya ada Realme yang mempertahankan posisi kelima. Setelah membangun sistem distribusi yang baru direformasi, perusahaan merilis beberapa model utama. Seri realme 9 Pro+ yang baru dirilis membantunya menumbuhkan segmen kelas menengah dan pengiriman 5G secara signifikan.

Realme C25Y.

Photo :
  • Realme Indonesia

Realme juga merilis GT 2 Pro yang menjadi perangkat high-end pertamanya. segmen low-end mereka tetap kuat dengan C25Y dan C21Y sebagai kontributor utama bersama dengan model yang baru dirilis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya