Ini Snapdragon Sound, Chipset Audio Besutan Qualcomm

Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development, Qualcomm Indonesia.
Sumber :
  • Dok. Qualcomm

VIVA Tekno – Berdasarkan Qualcomm’s Snapdragon of Sound Report in 2021, kualitas suara yang dicari oleh konsumer, di antaranya adalah 50 persen ke atas menginginkan kualitas audio yang tinggi, 68 persen gamers membutuhkan kualitas suara yang baik untuk menunjang kegiatan gaming, dan 31 persen orang menggunakan earbuds.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Selain itu, pain point dari kebanyakan orang dalam menggunakan earbuds juga meliputi, sound quality yang buruk, aktivitas pairing yang susah, dan baterai yang boros. Sementara itu, kebutuhan orang terhadap musik player semakin tinggi kian harinya.

Oleh karena itu, Qualcomm menghadirkan Snapdragon Sound yang merupakan rangkaian teknologi audio yang tersedia melalui beragam perangkat mulai dari smartphone, perangkat audio TWS, dan headphone dengan menghadirkan latensi rendah, kualitas tinggi, serta konektivitas yang stabil dan kencang.

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Qualcomm mengatakan, Snapdragon Sound ini dibuat khusus untuk memudahkan pengguna untuk mendapatkan kualitas yang baik terkhusus pada konektivitas, latensi, suara telfon, musik, dan konektivitas robust.

Adapun, kualitas musik Snapdragon Sound telah didukung oleh codec audio buatan Qualcomm yang disebut aptX Lossless suatu teknologi aptX Lossless ini menghadirkan lossless audio 16-bit 44.1kHz berkualitas CD dengan konektivitas nirkabel Bluetooth untuk earbud maupun headphone nirkabel.

Fans Turnamen Mobile eSports Ini Membludak, Ada Peran Indonesia

Teknologi codec audio aptX Lossless ini hadir dengan format audio musik HD 24-bit 48kHz dengan resolusi tinggi mencapai 24-bit 96kHz.

aptX voice yang dirancang Qualcomm ini sudah mampu menghadirkan kualitas suara super wideband yang diklaim oleh Qualcomm lebih unggul dibandingkan narrowband dan wideband voice.

“Dengan kemampuan super wideband voice, suara percapakan akan bisa terdengar lebih baik lagi saat pembicaraan melalui telepon, dengan menangkap frekuensi yang lebih tinggi, sehingga kualitas suara menjadi lebih baik dan Stereo recording dapat mendukung perekaman suara dengan lebih detail, memberikan nuansa yang lebih alami seperti berada pada situasi sebenarnya saat perekaman.” ujar Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia di Jakarta, Jumat, 29 Juli 2022.

Selain teknologi aptX Lossless yang disematkan dalam perangkat audio, Snapdragon Sound juga terdapat pada perangkat handphone Android yang dipersenjatai oleh chipset Snapdragon seri 8.

Selain itu, Snapdragon Sound ini juga diklaim sangat baik untuk digunakan keperluan merekam dan mampu menunjang para content creator, podcaster, musisi untuk memberikan hasil karya yang memuaskan bagi para audiens dengan kualitas suara yang baik dengan aptX voice Snapdragon yang bisa menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan kaya mencapai 32kHz.

Tidak kalah ketinggalan, untuk menunjang kebutuhan gaming, turut hadir juga, latensi rendah untuk bermain game atau menonton video yang memerlukan sinkronisasi sepenuhnya, sehingga membuat pengguna dapat mendengar apa yang terjadi dalam game secara real-time.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya