Rekomendasi 8 Laptop Gaming Terbaik dengan Spesifikasi Kakap

Acer Predator Helios 300 i9 3070Ti.
Sumber :
  • Dok. Acer

VIVA Tekno – Rekomendasi laptop gaming terbaik dengan spesifikasi tinggi bisa kamu lihat dalam daftar ini. Laptop gaming ini tentu saja dirancang secara khusus untuk mewadahi para gamer yang akan memainkan game dengan grafik tinggi dan kualitas tinggi pula.

Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan Melantai di IIMS 2024, Pesaing Raize dan Rocky

Laptop tersebut dibekali dengan dapur pacu atau prosesor kelas atas supaya bisa memainkan game berat dengan lancar. Memang harga yang dibanderol untuk laptop gaming terbaik ini tidaklah murah bila dibandingkan dengan laptop spesifikasi standar yang hanya bisa dipakai untuk aktivitas ringan.

Saat ini ada banyak produk laptop gaming di pasaran dengan harga tinggi, bahkan harganya bisa mencapai puluhan dan ada juga yang mendekati ratusan juta. Tapi, kamu tidak usah khawatir karena ada harga terendah sebuah laptop yang dibanderol dengan harga kisaran Rp10 jutaan saja.

Asosiasi Pedagang Pasar Wanti-wanti Pemerintah Stabilkan Harga Beras Jelang Ramadan

Harga ini juga masih lebih mahal dibandingkan laptop standar. Namun, laptop tersebut dirancang untuk merasakan sensasi bermain game menjadi lebih seru, tanpa lag, dan tentu saja dengan grafis yang sangat keren.

Spesifikasi game dengan grafis tinggi pun bukan masalah bila akan dimainkan dalam laptop ini. Keunggulan laptop gaming terbaik mempunyai dukungan CPU, memori, dan graphic board yang bagus.

Game Dunia Fantasi Ini Tuai Pujian

Graphic board ini akan menghasilkan tampilan game yang memukau. Untuk itu, berikut ulasan VIVA Tekno tentang laptop gaming terbaik:

1. ROG Strix SCAR 16

Laptop gaming ROG Strix SCAR 16 memiliki tenaga yang buas berkat penggunaan 13th Gen Intel® Core™ i9-13980HX Processor serta kartu grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4090 Laptop GPU. Dengan spesifikasi tersebut, Anda bisa memainkan game apapun bahkan melakukan aktivitas yang intens tanpa ada masalah.

Belum lagi, laptop gaming ini dilengkapi dengan layar berukuran 16 inch dengan resolusi 2560 x 1600 Quad HD+ dengan refresh rate mencapai 240Hz yang dapat menampilkan gameplay responsif serta gambar yang detail.

Untuk urusan RAM, ROG Strix SCAR 16 dibekali dengan RAM sebesar 32GB DDR5 dan ruang penyimpanan berjenis Performance SSD dengan kapasitas hingga 2TB. Dengan memori sebesar itu, Anda tidak perlu khawatir dalam menyimpan game berukuran besar ataupun file yang banyak.

ROG Strix SCAR 16 ini dibanderol mulai dari Rp 67.999.000 untuk varian dengan GeForce RTX 4080.

2. Acer Nitro 5 i7 3050

Nitro 5 i7 3050

Photo :
  • Istimewa

Untuk kamu para gamer bisa mencoba meningkatkan performa bermain game dengan salah satu laptop gaming terbaik dari Acer, yakni Nitro 5 i7 3050. Laptop gaming yang satu ini hadir dengan berbagai fitur unggulan dan spesifikasi yang mendominasi.

Processor Intel® Core™ Generasi ke-12 dan grafis GPU NVIDIA® GeForce® RTX 30 series hadir melengkapi bagian dapur pacu pada laptop gaming ini. Dengan processor unggulan tersebut kamu dapat bermain game dengan kompetitif dan maksimal.

Laptop gaming ini hadir dengan kapasitas penyimpanan yang besar, lengkap dengan dual slot SSD NVMe, dual slot RAM dan sebuah slot SATA. Terdapat fitur pelengkap yang cukup canggih untuk sebuah laptop gaming, yaitu fitur Killer Doubleshoot Pro dengan Intel Killer WLAN, fitur AX1650, dan fitur Killer Ethernet E2600.

Fitur canggih tersebut berfungsi untuk mengoptimalkan dan mengontrol kinerja jaringan pada laptop sehingga kamu bisa lebih mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih memuaskan.

Kamu juga bisa bermain game sepuasnya tanpa perlu khawatir laptop mudah rusak, karena laptop gaming yang satu ini dilengkapi dengan pendingin kipas ganda, yaitu Dual-fan Cooling dan Quad-Exhaust.

3. Predator Helios 300 i9 3070Ti

Predator Helios 300 i9 3070Ti

Photo :
  • istimewa

Bukan cuma satu. Acer juga mengeluarkan laptop gaming lainnya, yaitu Predator Helios 300 i9 3070Ti. Laptop gaming yang satu ini membawa prosesor unggulan, Intel® Core™ i9 generasi ke-12 terbaru sebagai penggerak pada dapur pacu.

Processor unggulan tersebut hadir lengkap dengan grafis GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 30 series. Perpaduan keduanya membuat laptop gaming ini akan memberikan performa yang cukup gahar dan terbaik.

Tidak hanya itu, laptop gaming ini dilengkapi dengan layar IPS yang jernih dengan resolusi QHD. Layar tersebut didukung dengan refresh rate yang cukup tinggi atau mencapai 165Hz.

Untuk memberikan performa gahar ketika kamu bermain game, laptop ini dilengkapi dengan teknologi pendingin yaitu 5th Gen 3D Fan AeroBlade™ Technology, di mana sistem pendingin ini berfungsi untuk menjaga laptop agar tetap dingin ketika digunakan saat bermain game.

Laptop ini juga memiliki fitur konektivitas yang cukup stabil dengan fitur Killer™ Ethernet E2600 Controller, fitur Killer™ Wi-Fi 6 AX1650i, dan Control Center 2.0.

Memori penyimpanan DDR5 dan SSD PCIe NVMe tersedia agar laptop gaming yang satu ini tetap memberikan kinerja yang cepat dan maksimal.

4. HP Pavilion 15-dk2002TX

HP Pavilion dv2z

Photo :
  • amd.com

Laptop gaming terbaik pertama datang dari merek HP yang mempunyai fitur canggih. Meski dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, laptop yang satu ini bisa mengatasi game dengan grafis berat. Sebab, dapur pacunya ditengarai dengan Intel Core i5-11300H 11th Generation yang kencang. Prosesor itu didukung dengan RAM 8 GB DDR4 dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050.

Kombinasi ini bisa kamu andalkan untuk memperoleh grafis dengan mutu tinggi, baik untuk bermain game maupun multitasking. Memiliki layar seluas 15 inci dan bezel tipis yang dapat memanjakan pengalaman visualmu. Layar itu bisa memperlihatkan gambar dengan resolusi FHD. Sedangkan penyimpanan, laptop ini dibekali SSD dengan kapasitas 512GB.

Selain cepat, tipe penyimpanan tersebut juga awet dan tahan guncangan sehingga bisa menemanimu kapan saja. Sedangkan untuk urusan audio, kamu akan dipuaskan dengan dual speakers dari B&O. Untuk streaming atau meeting, kamu bisa memakai kamera HP Wide Visio 720p HD yang juga sudah terintegrasi dengan dual array digital microphones.

5. Lenovo Legion 5

Lenovo Legion 5i Pro.

Photo :
  • Dok: Lenovo Indonesia

Lenovo saat ini mulai mengeluarkan laptop gaming terbaik dengan seri Legion. Pada tahun 2021, Lenovo Legion hadir dalam dua varian yang begitu menggoda. Keduanya merupakan Lenovo Legion 5 dan Legion 5 Pro. Lenovo Legion 5 ini mengusung layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi full HD. 

Sedangkan tingkat refresh rate yang tersedia sampai 165Hz. Sedangkan untuk Lenovo Legion 5 Pro dilengkapi dengan layar 16 inci dengan resolusi mencapai 2.560 x 1.600 piksel. Aspect-ratio sendiri mencapai 16:10. Dengan demikian, layar itu sangat cocok dipakai untuk kegiatan produktivitas lantaran cukup lebar. 

Spesifikasi Lenovo Legion 5 dan Legion 5 Pro juga tinggi. Untuk varian Legion 5 dilengkapi dengan prosesor Ryzen 7 5800H, GPU AMD Radeon RX 6600M 8GB, RAM 16GB, SSD 512GB dan dijual Rp22.999.000. Sedangkan Legion 5 Pro dibekali prosesor AMD Ryzen 7 5800H, GPU RTX 3070, RAM 32GB, dan SSD 1TB. Versi ini dibanderol Rp30.699.000.

6. Asus ROG Zephyrus G14

Laptop gaming Asus ROG Zephyrus G701GX.

Photo :
  • VIVA/Amal Nur Ngazis

Mencari laptop gaming yang ringkas? Asus ROG Zephyrus G14 adalah jawabannya. Bayangkan saja kebanyakan model laptop ini memiliki ketebalan kurang dari 2 cm atau 0,78 inci! Tak hanya ringkas, Asus ROG Zephyrus G14 memiliki desain yang menarik. Ini juga memiliki lampu LED yang sangat keren dalam bentuk dot matrix di bagian depan.

Spesifikasinya juga tentu saja kelas atas. Varian teratas hadir dengan AMD Ryzen 9 5900HS dan GPU Nvidia GeForce RTX 3050Ti. Varian tercanggih juga hadir dengan layar dengan refresh rate 120Hz. Tak hanya untuk kebutuhan gaming, Asus ROG Zephyrus G14 juga dinilai sangat cocok untuk pengendara sehari-hari atau kebutuhan sehari-hari.

Ia hadir dengan keyboard, touchpad, dan layar 14 inci yang bertenaga. Ada juga pilihan port yang sangat beragam. Padahal, untuk ukuran laptop gaming, Asus ROG Zephyrus G14 memiliki kapasitas baterai yang sangat bertenaga. Meski begitu, kamu harus mewaspadai beberapa kekurangan dari Asus ROG Zephyrus G14.

Laptop gaming terbaik ini tidak dilengkapi dengan webcam sehingga kamu dapat membeli webcam eksternal untuk panggilan video, konektivitas Thunderbolt (hanya untuk laptop dengan chipset Intel), dan kipasnya bisa sangat berisik. Jika kamu  baik-baik saja dengan kekurangan tersebut, Asus ROG Zephyrus G14 tetap menjadi laptop gaming tipis dan ringan terbaik yang dapat dibeli saat ini.

7. Asus ROG Strix Scar 17 G733

ROG Strix SCAR 17 SE

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal

Ingin laptop gaming ASUS dengan layar besar terbaik dan refresh rate yang sangat tinggi? Pilih saja ASUS ROG Strix Scar 17 G733. Tak tanggung-tanggung, laptop gaming terbaik yang satu ini memiliki layar 17,3 inci dan kecepatan refresh 300Hz! Selain itu, keyboard Asus ROG Strix Scar 17 G733 memiliki peringkat tinggi.

Bagian ini dinilai sangat nyaman digunakan. Asus sendiri menggunakan optical-mechanical keyboard untuk bagian ini. "Visceral" juga tinggi. Muncul dengan CPU AMD Ryzen 9 5900HX dan kartu grafis hingga Nvidia GeForce RTX 3080.

Harganya tidak main-main, karena kamu harus mengeluarkan uang mencapai Rp40.999.000 untuk mendapatkan laptop versi paling rendah karena memakai AMD Ryzen 9 5900HX dan Nvidia GeForce RTX 3070. Sementara untuk versi paling mahal dijual dengan harga tinggi yang mencapai Rp60.999.000.

8. Asus ROG Zephyrus Duo 15

Laptop ASUS ROG Zephyrus Duo 16 dengan layar ganda.

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal

Ingin laptop gaming dengan dua layar sekaligus? ASUS ROG Zephyrus Duo 15, jawabannya. Satu layar beranda berukuran 15,6 inci. Layar mendukung resolusi hingga 4K UHD dan kecepatan refresh 120Hz. Ada juga versi Full HD dengan refresh rate 300Hz. Layar kedua lebih kecil dan berada di atas keyboard.

Layar ini tidak digunakan sebagai layar utama, tetapi hanya sebagai layar sekunder. Pada tahun 2021, Asus sebenarnya telah meluncurkan Asus ROG Zephyrus Duo 15 versi kedua di Indonesia dengan nomor seri GX551. Di sisi "jeroannya", Asus ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551 ditenagai oleh chipset hingga AMD Ryzen 9 5900HX.

Chipset tersebut dipasangkan dengan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3080, dan versi paling standar dibanderol dengan harga Rp 34.999.000. Versi minimum ini hadir dengan AMD Ryzen 7 5800H, Nvidia GeForce RTX 3060, dan layar utama beresolusi full HD 15,6 inchi.

Harga Beras Melambung Tinggi Mahal

Daftar Harga Pangan 21 Februari 2024: Beras hingga Telur Ayam Terus Meroket

Harga komoditas pangan terpantau terus mengalami kenaikan di pasar pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024