Bapak iPod Dukung Apple Gunakan USB-C untuk iPhone

Stan iBox di Pekan Raya Jakarta (PRJ).
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Meskipun industri smartphone telah ramai-ramai pindah ke USB-C, Apple masih bertahan dengan port Lightning-nya untuk pengisian daya dan transfer data pada seri iPhone 14 yang baru saja dirilis tahun ini. Bahkan iPad saja sudah pindah ke USB-C.

Aktor Bollywood Hrithik Roshan Kritik Iklan Terbaru Apple

Uni Eropa telah mengeluarkan undang-undang yang mengamanatkan bahwa semua ponsel menawarkan port USB-C pada akhir 2024.

Ternyata undang-undang ini juga didukung oleh penemu iPod Tony Fadell yang telah mengeluarkan sejumlah tweet untuk mendukung langkah tersebut, menurut situs Android Authority, Senin, 10 Oktober 2022.

iPhone 15 Pro Max bikin Apple Bisa Bernafas Lega

"Mereka hanya memaksa Apple untuk melakukan hal yang benar. Terus terang itu sudah terlambat," kata Fadell tentang undang-undang baru Uni Eropa.

Mantan insinyur Apple itu menggandakan pernyataan tersebut, kembali menyatakan bahwa perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu tidak melakukan hal yang benar. Ini tentang monopoli, bukan teknologi.

Apple Plans to Launch Foldable Devices in 2025 and 2026

"Saya berharap setelah Apple dipaksa untuk mengubah peraturan, itu akan dihapus untuk memungkinkan inovasi terus berlanjut," katanya.

Ilustrasi Type-C dengan kabel Lightning.

Photo :
  • Mac Rumors

Ia percaya bahwa beberapa peraturan dan standarisasi yang mendukung konsumen diperlukan, karena perusahaan tidak selalu tertarik untuk melakukan hal yang benar untuk kepentingan terbaik masyarakat.

Sangat menarik untuk melihat seseorang yang memainkan peran besar dalam kesuksesan Apple untuk mendorong USB-C di iPhone.

Ini sangat penting karena Fadell juga mencatat bahwa ia memimpin tim di balik program MFi Apple untuk aksesori Lightning berlisensi.

Rumor menunjukkan seri iPhone 15 yang akan rilis pada 2023 akan mendapatkan konektivitas USB-C di tahun depan. Jadi kita mungkin akhirnya akan melihat iPhone USB-C di tahun depan.

Beberapa hari yang lalu Parlemen Eropa memberikan suara yang sangat mendukung untuk memberlakukan USB-C sebagai port pengisian daya umum di berbagai perangkat elektronik konsumen, termasuk iPhone dan AirPods pada akhir 2024.

Proposal akan memaksa semua produsen elektronik konsumen yang menjual produk mereka di Eropa memiliki port USB-C.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya