Pelan-Pelan Apple Salip Samsung

Apple Store di New York, Amerika Serikat (AS).
Sumber :
  • BGR

VIVA Tekno – Di tengah-tengah kondisi pasar ponsel pintar yang tengah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Secara perlahan Apple mencoba mengejar ketertinggalannya dengan Samsung.

iPhone 16 akan Punya Tombol Misterius

Laporan ini ditunjukkan dari laporan Canalys kuartal ketiga tahun 2022, yang di mana Apple  berhasil meraup pangsa pasar sebanyak 18 persen, hanya terpaut empat persen di bawah Samsung yang bertengger di posisi pertama.

Menyusul pada posisi ketiga Xiaomi dengan perolehan 14 persen, posisi keempat diduduki Oppo dengan perolehan 10 persen, dan pada posisi kelima duduk vivo dengan perolehan 9 persen, mengutip dari laporan tersebut, Jumat, 21 Oktober 2022.

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

Sementara bagi produsen yang tidak masuk dalam lima besar itu, jika digabungkan menunjukkan perolehan sekitar 27 persen.

Adapun jika dibandingkan dengan laporan kuartal yang sama tahun 2021, Apple berhasil melonjak sebanyak tiga persen, sementara Samsung hanya meningkat sebanyak satu persen.

Apple Bagi-bagi Undangan

Jika ditelisik lebih dalam, hanya Apple dan Samsung yang berhasil meningkat, sementara Xiaomi stagnan. 

sementara Oppo dan vivo yang justru mengalami penurunan. Begitupula produsen yang tidak termasuk dalam lima besar, seluruhnya terpaksa mengalami penurunan meskipun hanya sebesar satu persen, seperti dikutip dari situs Gizmochina, Jumat, 21 Oktober 2022.

Kendati begitu, secara lebih luas laporan tersebut menunjukkan pasar smartphone secara keseluruhan menurun sekitar 9 persen secara basis Year on Year (YoY).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya