Menghidupkan Mesin Mobil Bisa dari iPhone dan Apple Watch

Apple CarPlay.
Sumber :
  • Apple

VIVA Tekno – Pengemudi mobil mungkin akan segera memiliki merek lain untuk dipertimbangkan saat membeli mobil yang mendukung Fitur Apple Car Key. Perusahaan mobil sport Inggris, Lotus, dilaporkan sebagai kandidat potensial yang menggunakannya, disusul nama Mercedes-Benz.

Aktor Bollywood Hrithik Roshan Kritik Iklan Terbaru Apple

Car Key adalah fitur Apple yang memungkinkan pengguna menggunakan iPhone dan Apple Watch sebagai alternatif dari gantungan kunci atau kunci fisik.

Saat digunakan dengan model yang kompatibel, Car Key mampu mengunci dan membuka serta menghidupkan kendaraan. Entri pasif, kedekatan, dan akses jarak jauh juga didukung pada beberapa model mobil.

iPhone 15 Pro Max bikin Apple Bisa Bernafas Lega

Fitur ini disimpan di aplikasi Wallet di iPhone dan Apple Watch. Pengguna juga memiliki pilihan untuk dapat membagikan maupun tidak dengan pengguna iPhone lainnya.

Model iPhone terbaru bahkan tetap dapat menggunakan Car Key jika iPhone kehilangan daya. BMW memiliki kendaraan terbanyak yang ditawarkan dengan beberapa model tahun 2021 dan mobil yang lebih baru.

Video Tabrakan Beruntun Mercy G-Class Hantam Tiga Kendaraan di Medan

Sementara Kia, Hyundai, Genesis, dan BYD melengkapi daftar merek yang menawarkan Car Key. Bulan lalu, Nicolas Alvarez di Twitter membagikan bukti bahwa perusahaan mobil sport Inggris, Lotus tampaknya siap meluncurkan Car Key juga. Mercedes-Benz membuat berita resmi sekitar waktu yang sama untuk jajaran E-Class-nya.

CEO Apple Tim Cook.

Photo :
  • cafef

Dengan kunci kendaraan digital, E-Class dapat dihidupkan dan dikunci hanya oleh pengemudi yang membawa iPhone atau Apple Watch yang kompatibel. 

Berbagi kunci juga dimungkinkan di mana berbagai saluran digital dapat digunakan untuk mengundang anggota keluarga atau teman untuk menggunakan E-Class. Dengan demikian, pengguna utama akun Mercedes dapat memberikan hak yang berbeda, hanya memberikan akses ke kendaraan atau juga mengizinkannya untuk dikemudikan.

Kendaraan dapat mengenali beberapa pengguna sekaligus, dan kunci digital ini dapat dibagikan hingga 16 orang. Berbagi dimungkinkan melalui AirDrop, iMessage dan layanan perpesanan lainnya. Penerima kemudian dapat menambahkannya ke Apple Wallet miliknya sendiri.

Kunci Kendaraan Digital hanya memerlukan koneksi jaringan untuk pengaturan satu kali awal dan untuk berbagi. Setelah itu, fitur berfungsi tanpa penerimaan ponsel –begitu juga di garasi bawah tanah, misalnya. 

Sistem ini menggunakan Bluetooth dan teknologi ultra-wideband (UWB). Teknologi radio digital untuk penggunaan jarak dekat ini juga dianggap sangat aman, menurut situs 9to5 Mac, Selasa, 20 Juni 2023.

Dengan Lotus yang masih tertunda, Mercedes-Benz membuat merek mobil keenam yang mengadopsi dukungan Car Key. CarPlay adalah fitur Apple lainnya yang berfokus pada pengemudi, telah ada lebih lama dan muncul di hampir semua merek mobil saat ini meskipun General Motors ingin melawan tren itu dengan model EV-nya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya