Bocoran Spek iPad Apple Terbaru yang Sebentar Lagi Rilis

Ilustrasi iPad 10.
Sumber :
  • 9to5mac.com

VIVA Tekno – iPad terkecil Apple mendapat perubahan besar pada akhir tahun 2021. iPad mini generasi ke-6 menampilkan desain ulang lengkap dengan layar lebih besar, Touch ID pada tombol daya, USB C sebagai pengganti Lightning, dan kamera depan yang ditingkatkan.

iPhone 16 akan Punya Tombol Misterius

Ini merupakan perubahan besar pertama pada desain sejak iPad mini pertama kali diperkenalkan pada 2012. iPad mini tersebut merayakan hari jadinya yang ke-10 pada tahun lalu tanpa pembaruan, tetapi iPad mini generasi ke-7 baru dikabarkan sedang dalam pengerjaan dan dikabarkan akan rilis pada 19 Oktober 2023. 

Bocoran rilis iPad mini 7

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Apple iPad Mini with Retina Display [foto ilustrasi]

Photo :
  • imore.com
Apple Bagi-bagi Undangan

Sudah hampir dua tahun sejak iPad mini generasi ke-6 diluncurkan, dan berdasarkan tanggal peluncuran model iPad mini lainnya, pembaruan musim gugur untuk iPad mini mungkin masuk akal. Beberapa laporan muncul mengklaim bahwa Apple akan merilis iPad baru pada Selasa, 17 Oktober 2023.

iPad baru tampaknya akan mencakup iPad mini serta iPad Air baru dan iPad standar. Perubahan utama akan terjadi pada chip yang digunakan di dalam iPad, dengan setiap model mendapatkan peningkatan generasi.

Sebuah laporan pada September 2023 dari DigiTimes juga mengklaim bahwa “iPad ukuran kecil baru” akan dirilis pada kuartal keempat tahun ini.

Peluncuran pada musim semi 2024 juga dimungkinkan. Pada Desember 2022, analis Apple terkemuka Ming-Chi Kuo mengatakan iPad mini baru tidak akan hadir hingga akhir 2023 atau awal 2024.

Spesifikasi iPad mini 7

Perbandingan iPad 4 dan iPad mini

Photo :
  • macrumors.com

Melihat dari tweet Ming-Chi Kuo, diketahui bahwa ada harapan jika iPad mini baru akan menampilkan prosesor yang lebih mengesankan daripada saat ini. Dikutip dari Macworld, berikut beberapa bocoran untuk iPad mini 7.

Prosesor yang ditingkatkan

iPad mini 6 menawarkan chip A15 Bionic seperti yang ditemukan di iPhone 13, mini, Pro, dan Max, namun chip ini mengalami down-clock dibandingkan dengan yang ada di dalam seri iPhone 13. Berikut perbandingan chip tersebut dengan produk lainnya dan apa yang diharapkan untuk generasi berikutnya.

- iPad Pro: M2
- iPad Air (generasi ke-5): M1. Generasi berikutnya diharapkan mendapatkan chip M2.
- iPad mini (generasi ke-6): Chip A15, seperti yang ditemukan di seri iPhone 13. Generasi berikutnya diharapkan mendapatkan A16, seperti yang ditemukan di iPhone 14 Pro dan iPhone 15.
- iPad (generasi ke-10): Chip A14, seperti yang ditemukan di seri iPhone 12. Generasi berikutnya diharapkan mendapatkan A16, seperti yang ditemukan di iPhone 14 Pro dan iPhone 15.
- iPad (generasi ke-9): A13, seperti yang ditemukan di seri iPhone 11.

Kuo melaporkan bahwa “nilai jual utama” iPad mini adalah prosesor barunya. Dia tidak merinci prosesor mana pada saat itu, tetapi sekarang diharapkan menjadi chip A16 yang ditemukan di iPhone 14 Pro dan Max serta iPhone 15 dan 15 Plus.

Kamu mungkin melihat iPad Air dan bertanya-tanya apakah iPad mini mungkin mendapatkan chip M1 seperti yang ditemukan di iPad Air. 

Mungkin ini adalah sesuatu yang mungkin dipertimbangkan Apple, tetapi rumor seputar peluncuran iPad Air menunjukkan bahwa alasan Apple menggunakan M1 sebenarnya adalah berkurangnya ketersediaan A16 pada saat itu, sesuai dengan tweet dari Mark Gurman ini.

Peningkatan penyimpanan

Pada iPad mini generasi ke-6 saat ini, model dasarnya dimulai dengan penyimpanan sebesar 64GB. Untuk perangkat seperti iPad, tempat kamu dapat menyimpan film, acara TV, buku, komik, majalah, permainan, dan berbagai macam aplikasi, jumlah tersebut seringkali menjadi masalah, terutama jika kamu ingin membawa iPad saat liburan atau digunakan untuk perjalanan tanpa perlu mengelola penyimpanan.

Meskipun Apple memiliki sejarah dalam memberikan model dasar kapasitas penyimpanan yang rendah, menurut laporan tersebut akan menjadi langkah bijak untuk meningkatkan iPad mini generasi ke-7 entry-level menjadi setidaknya 128GB. 

Ukuran file terus bertambah seiring waktu, karena kamera dan perangkat lunak berkualitas lebih tinggi, jadi menggandakan 64GB yang ada akan menjadi solusi yang sangat ramah konsumen. Sejalan dengan itu, ada juga kemungkinan bahwa batas atas penyimpanan dapat ditingkatkan. 

Dikutip dari Antara, laporan menunjukkan bahwa iPad mini terbaru akan memiliki kontrol tampilan baru untuk mengatasi masalah jelly scrolling, dimana refresh layar terlihat lambat saat pengguna menggulirkan konten di generasi saat ini.

Sedangkan untuk iPad reguler, Apple akan menampilkan desain dengan bezel yang lebih tipis, variasi warna baru, dan Touch ID di sisi samping perangkat. Dari sisi chipset, Apple kemungkinan akan menggunakan Bionic A16, yang sama dengan yang ada di iPad mini.

Kabar lainnya, iPad Pro disebut akan ditingkatkan pada tahun depan dan untuk pertama kalinya Apple akan menampilkan layar OLED pada tablet tersebut.

Kabarnya memang apple akan merilis iPad terbaru pekan ini. Namun belum diketahui pasti secara detail. Tunggu saja tanggal perilisannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya