HyperOS Mau Rilis, Seperti Ini Kerja Sistem Operasi Canggih Xiaomi

Xiaomi HyperOS.
Sumber :
  • Istimewa

Beijing – Produsen ponsel pintar dan peralatan asal China, Xiaomi, mengumumkan sebuah sistem operasi atau OS baru pada 26 Oktober lalu secara global. Hal ini seiring dengan upaya mereka untuk mengembangkan ekosistem dengan peluncuran mobilnya sendiri dalam waktu dekat.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Dilansir dari CNBC Internasional, Sabtu, 28 Oktober 2023, sistem baru yang disebut HyperOS ini akan menjangkau konsumen pada 31 Oktober ketika ponsel, perangkat yang dapat dikenakan, dan perangkat TV terbaru Xiaomi mulai dijual di China.

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Xiaomi HyperOS

Photo :
  • Business Standard

"Sistem ini menandai langkah penting dalam visi strategis Xiaomi untuk menghadirkan ekosistem pintar 'Manusia x Mobil x Rumah'," kata perusahaan itu dalam sebuah rilisnya.

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

CEO dan pendiri Lei Jun mengatakan di media sosial China pada hari Rabu bahwa Xiaomi akan merilis mobilnya pada paruh pertama tahun depan. Ia tidak menjelaskan apakah mobil tersebut akan menggunakan tenaga listrik.

Perusahaan teknologi telah lama berusaha membangun loyalitas pelanggan dengan sistem operasi, seperti Apple's iOS dan Google Android.

Raksasa telekomunikasi Cina, Huawei, juga sedang mengembangkan sistem operasinya sendiri, yang disebut HarmonyOS, dalam upaya untuk menggantikan Android. Perusahaan ini membuat rangkaian smartphone, laptop, tablet, dan perangkat televisi sendiri, sembari menjual perangkat lunak untuk mobil listrik yang diproduksi oleh para mitranya.

Pada akhir September, Huawei mengklaim bahwa versi terbaru dari sistem operasinya telah melampaui 60 juta pengguna. Secara keseluruhan, Huawei mengklaim bahwa HarmonyOS kini telah berjalan di lebih dari 700 juta perangkat.

Perusahaan mobil listrik Cina, Nio saat ini ini juga merilis ponsel cerdasnya sendiri, berbasis Android tetapi disesuaikan untuk integrasi yang lebih baik dengan kendaraannya.

Xiaomi menjadi terkenal dengan smartphone yang terjangkau dan antarmuka pengguna MIUI, yang berbasis open source Android.

Xiaomi HyperOS

Photo :
  • Istimewa

Perusahaan ini mengatakan bahwa inti dari sistem HyperOS barunya adalah "dibentuk oleh Linux dan sistem Xiaomi Vela yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi."

Satu-satunya penyebutan Android dalam siaran pers tersebut adalah bahwa HyperOS memungkinkan "frame rate yang lebih stabil dan konsumsi daya yang lebih rendah" dibandingkan dengan versi stok Android.

Xiaomi juga memuji kecepatan pemrosesan dan keamanan HyperOS, dan mencantumkan sejumlah cara agar smartphone, mobil, dan laptop dapat dengan mudah berbagi konten dan mengakses kamera satu sama lain pada sistem baru ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, Xiaomi telah mengembangkan bisnis perangkat dan elektronik konsumennya hingga menyumbang sekitar 22% dari keseluruhan pendapatan pada kuartal kedua, dibandingkan hanya di bawah 37% untuk smartphone.

Pada hari Kamis, perusahaan ini merilis smartphone seharga 3.999 yuan atau setara dengan Rp 8,6 Juta, serta mesin cuci seharga 1.999 yuan dan kulkas seharga 2.999 yuan. Xiaomi memiliki aplikasi yang memungkinkan pelanggan mengontrol pengaturan alat dari jarak jauh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya