Heboh Apple Rekrut Hacker Kelas Kakap

Ilustrasi Apple iPhone.
Sumber :
  • Techradar

Jakarta – Apple telah merekrut dan mempekerjakan hacker atau peretan untuk menemukan celah dalam keamanan iPhone.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Saat ini satu iPhone 15 terbaru, iPhone tersebut memiliki chip A17 Pro. Namun, hanya karena chip ini adalah 'kelas chip iPhone yang sama sekali baru dan memberikan performa grafis terbaik,’ bukan berarti Apple tidak selalu berusaha untuk mencapai teknologi yang lebih baik dan lebih aman untuk ke depannya.

Ilustrasi scam/hacker/peretasan.

Photo :
  • Stock Adobe
Apple Bagi-bagi Undangan

Dilansir dari Unilad, Selasa, 21 November 2023, belum lama ini, Apple merilis Mode Lockdown untuk membantu 'melindungi perangkat dari serangan siber yang sangat langka dan sangat canggih'.

Mode opsional ini berdampak pada fitur-fitur seperti perpesanan, penjelajahan web, dan foto. Pada dasarnya, 'perangkat tidak akan berfungsi seperti biasanya'sehingga 'mengurangi permukaan serangan yang berpotensi dieksploitasi oleh spyware yang menargetkan itu semua.’

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Jadi, dengan aplikasi dan perangkat lunak iPhone yang sudah terlindungi dengan sangat baik, mengapa Apple mempekerjakan peretas di Paris?

Nah, hanya karena perangkat lunak ponsel terlindungi, bukan berarti ponsel fisik itu sendiri atau perangkat kerasnya akan selalu aman dari peretas.

Misalnya ketika mengunduh perangkat lunak terbaru, tetapi begitu membeli perangkat atau perangkat kerasnya tidak lagi berada dalam jangkauan Apple, sehingga perusahaan harus bekerja keras di belakang layar untuk mengujinya dan memastikan perangkat tersebut seaman mungkin dari peretasan, sebelum dirilis dan digunakan. Dan ada satu bagian dari iPhone yang menjadi fokus Apple - chip.

Menurut Independent, di Paris, para insinyur bekerja keras untuk mencoba membobol iPhone dan kemudian mengekspos kelemahannya.

Chip yang mengontrol segala sesuatu yang terjadi di ponsel dan bagaimana fungsinya harus dienkripsi mengingat semua data aman yang diprosesnya. Misalnya, memastikan gambar yang diunggah ke iCloud tidak disadap dan dicuri.

Ilustrasi hacker.

Photo :
  • Dreamstime.com

Dan enkripsi ini harus dilakukan dengan cara yang cerdas, bukan hanya cepat. Sehingga peretas tidak dapat melihat apa yang dilakukannya, masuk dan mengambil informasi apa pun yang mereka bisa.

Apple telah mempekerjakan peretas untuk melakukan segala macam pengujian pada chipnya, secara fisik meledakkannya dengan laser, mendinginkan dan memanaskannya, apa pun yang diperlukan untuk mencoba dan mengidentifikasi bagaimana chip tersebut bisa menjadi rentan.

Bagaimana Jika Ditemukan Kelemahan?

Maka mereka akan bekerja untuk menemukan solusinya, dan terus bekerja hingga chip dan iPhone secara keseluruhan seaman mungkin

Kepala teknik dan arsitektur keamanan Apple, Ivan Krstić, mengatakan kepada Independent: "Saya pikir apa yang terjadi adalah semakin banyak jalan untuk menyerang. Dan itu sebagian merupakan fungsi dari penyebaran teknologi yang semakin luas. Semakin banyak teknologi yang digunakan dalam semakin banyak skenario.

"Hal itu menciptakan lebih banyak kesempatan bagi lebih banyak penyerang untuk maju dan mengembangkan keahlian untuk memilih ceruk yang ingin mereka gunakan untuk menyerang."

Ilustrasi hacker.

Photo :
  • Pixabay/Geralt

Kebanyakan orang tidak akan pernah menjadi sasaran serangan sekeras itu, tetapi Krstić mengatasi: "Ketika kami melihat bagaimana beberapa spyware mata-mata bayaran kelas negara ini disalahgunakan, jenis orang yang diserang dengan spyware ini adalah para jurnalis, diplomat, orang-orang yang berjuang untuk membuat dunia menjadi lebih baik.

Dan menurut kami adalah salah jika spyware semacam ini disalahgunakan dengan cara seperti ini. Kami berpikir bahwa para pengguna tersebut berhak mendapatkan teknologi yang dapat dipercaya, aman, dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan aman dan bebas, seperti halnya semua pengguna kami yang lain.

"Jadi ini, bagi kami, bukanlah keputusan bisnis. Ini adalah... melakukan apa yang benar." Punkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya