Viral Kacamata Unik untuk Bantu Baca E-Book, Bentuknya Mirip Headset Virtual Reality

Kacamata baca e-book.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Bagi kamu yang gemar membaca buku elektronik atau e-book ada kabar mengejutkan untuk kalian semua! Bagaimana tidak, ada inovatif terbaru dalam kemajuan teknologi dalam menciptakan sebuah kacamata unik yang bisa memudahkan pembacanya untuk baca buku elektronik atau e-book. 

Legend, Ini Dia Museum Kacamata Paling Ikonik di Dunia

Jadi buat kalian para penggemar e-book tak perlu lagi khawatir merasa kesulitan. Hal tersebut dikarenakan, ada teknologi baru yang mumpuni dan pastinya bisa memudahkan Anda membaca e-book.

Yaitu adanya sebuah perangkat baca e-book yang bentuknya menyerupai sepasang kacamata hitam yang bisa digunakan di wajah.

Penulis Tere Liye Bagi-bagi Bansos

Seperti diketahui, biasanya perangkat untuk baca e-book berbentuk tablet namun kali ini muncul inovasi terbaru dalam dunia teknologi yaitu perangkat baca e-book berbentuk sepasang kacamata berawarna hitam.

Perangkat ini diberinama Sol, sebuah gawai yang bisa dibilang bentuknya sekilas mirip headset virtual reality. Bukan untuk menjadi alat bantu dengar, perangkat ini nnyatanya digunakan untuk membaca buku.

Benarkah Pakai Kacamata Justru Bikin Minus Mata Bertambah?

Agak mirip dengan headset VR, Sol adalah gadget  sederhana yang dirancang hanya sebagai e-reader hands-free. Dengan berat hanya sekitar 100 gram dan berbentuk seperti kacamata hitam, Sol diciptakan untuk pengalaman membaca yang lebih nyaman, layaknya membaca buku sambil berbaring. 

Namun, sebelum Anda bertanya, dengan kacamata hitam ini Anda tidak akan bisa membalik halaman dengan mata atau kekuatan pikiran Anda dikutip dari laman Odditycentral.com. Kendati demikian, alat ini tidak benar-benar bebas untuk digenggam layaknya sebuah gadget. Pasalnya, untuk membalik halaman, pengguna harus menekan tombol pada pengontrol mirip jarak jauh.

Ilustrasi tulisan ebook

Photo :
  • Istimewa

Sol Reader dilengkapi sepasang layar E Ink berukuran 1,3 inci dengan lampu samping, masing-masing mampu menampilkan 65.536 piksel.

Perangkat ini juga memiliki penyesuaian diopter bawaan, sehingga orang yang memakai kacamata atau lensa kontak dapat menggunakannya tanpa perlu memakai koreksi penglihatan tambahan. 

Salah satu keuntungan utama Sol adalah bisa memblokir semua gangguan visual dari luar, sehingga memungkinkan pembaca untuk fokus pada e-book.Halaman-halaman e-book diproyeksikan dengan latar belakang gelap dan pengalaman membaca dijelaskan oleh pabrikan mirip dengan melihat halaman-halaman buku yang sebenarnya.

Sol Reader memiliki baterai built-in yang menyediakan waktu membaca sekitar 30 jam dengan sekali pengisian daya, yang sepertinya tidak banyak dibandingkan dengan pembaca e-book konvensional.

Kapasitas penyimpanan dibatasi hingga 64 MB, tetapi headset terhubung secara nirkabel ke aplikasi seluler iOS atau Android yang memungkinkan file EPUB bebas DRM untuk disalin, jadi Anda tidak perlu menyimpan semua e-book Anda di dalamnya.

Saat ini perangkat baca e-book ini masih dalam tahap pre-order dengan harga US$350 atau Rp5,3 juta. Tertarik mencoba?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya