Google Punya Trik Melindungi Perangkat Android dari Pencurian

Google.
Sumber :
  • Medium

VIVA Tekno – Pencurian perangkat mobile selalu menjadi masalah serius bagi banyak pengguna. Maka dari itu, Google mengumumkan sejumlah fitur perlindungan baru untuk perangkat Android yang diharapkan dapat membantu mengatasi masalah ini.

Ada Perubahan Update Status WhatsApp untuk HP Android

Beberapa fitur akan diluncurkan akhir tahun ini melalui pembaruan Google Play Services, menjangkau miliaran perangkat yang menjalankan Android 10 dan versi lebih baru, seperti dilansir dari GSM Arena. Fitur lainnya akan hadir sebagai bagian dari Android 15. 

1. Perlindungan Reset Pabrik yang Ditingkatkan

KPK Telisik Keberadaan Buronan Harun Masiku Lewat Ponsel Hasto Kristiyanto

Android 12.

Photo :
  • ZDNet
Ketua KPK Sebut Ponsel Sekjen PDIP Disita Bagian dari Upaya Cari Harun Masiku

Salah satu langkah utama yang diambil Google adalah membuat lebih sulit bagi pencuri untuk mengatur ulang perangkat yang dicuri agar dapat dijual kembali. Dengan peningkatan pada perlindungan reset pabrik Android, jika seseorang memaksa melakukan reset pada perangkat yang dicuri, mereka tidak akan dapat mengatur ulang perangkat tersebut tanpa mengetahui kredensial perangkat atau akun Google kamu. Ini diharapkan akan membuat perangkat yang dicuri menjadi tidak berguna dan mengurangi insentif bagi pencuri.

2. Private Space di Android 15

Android 11

Photo :
  • Androidcentral

Untuk melindungi data berharga dari pencuri yang ingin mengambil informasi sensitif atau dana dari perangkat kamu, Google meluncurkan fitur bernama Private Space dalam beta kedua Android 15. Fitur ini memungkinkan kamu membuat area terpisah di ponsel yang bisa disembunyikan dan dikunci dengan PIN terpisah. Ini memberikan keamanan tambahan untuk aplikasi yang berisi data sensitif.

3. Proteksi Otentikasi yang Ditingkatkan

Ilustrasi password.

Photo :
  • Instagram/@accumepartners

Google juga meningkatkan proteksi otentikasi. Sekarang, untuk menonaktifkan Find My Device atau memperpanjang waktu layar mati, kamu harus memasukkan PIN, kata sandi, atau otentikasi biometrik. Otentikasi biometrik juga diperlukan untuk mengubah PIN, menonaktifkan perlindungan pencurian, atau mengakses Passkeys dari lokasi yang tidak terpercaya.

Fitur Deteksi dan Penguncian Otomatis

1. Theft Detection Lock

Google menggunakan AI untuk mendeteksi jika seseorang mencoba merampas ponsel Anda dan melarikan diri. Jika ponsel mendeteksi gerakan yang umum terkait dengan pencurian, layar ponsel akan terkunci otomatis.

2. Offline Device Lock

Jika pencuri mencoba memutuskan koneksi ponsel kamu untuk waktu yang lama, fitur Offline Device Lock akan secara otomatis mengunci layar untuk melindungi data Anda, bahkan ketika perangkat Anda tidak terhubung ke jaringan. Android juga akan mengunci layar jika ada terlalu banyak upaya otentikasi yang gagal.

3. Remote Lock

Jika ponsel dicuri, kamu bisa mengunci layar dengan hanya menggunakan nomor telepon dan tantangan keamanan cepat dari perangkat lain. Ini memberi kamu waktu untuk memulihkan detail akun jika lupa, dan mengakses opsi lain di Find My Device, termasuk mengirim perintah reset pabrik penuh untuk menghapus perangkat sepenuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya