Serba-serbi Samsung Galaxy S25 dan iPhone 16

Apple Vs Samsung.
Sumber :
  • iPhone in Canada Blog

VIVA Tekno – Meski belum rilis ke publik, namun Samsung Galaxy S25 dan iPhone 16 sudah ramai dibicarakan.

Bye-bye iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X

Informasi kedua HP (smartphone/ponsel pintar) premium alias flagship yang sudah kadung tersebar ke publik ini mulai dari spesifikasi sampai harga.

Samsung Galaxy S25

Apple Launched Passwords App that Works Across iPhone, iPad, and Mac

HP premium tersebut diprediksi akan membawa sejumlah peningkatan. Salah satu yang hampir pasti disematkan adalah chip Snapdragon 8 Gen 4 yang dikhususnya bagi ponsel flagship.

Chip buatan Qualcomm tersebut akan menyokong performa yang lebih cepat dan garang. Namun, di sisi lain harganya akan lebih mahal.

Saham Asia Dibuka Merosot di Tengah Bergairahnya Wall Street

Menurut tipster Digital Chat Station, Snapdragon 8 Gen 4 akan menaikkan harga jual seri Galaxy S25 secara signifikan. Sebab, harga chip tersebut juga akan lebih tinggi ketimbang pendahulunya, Snapdragon 8 Gen 3.

Hal tersebut dikarenakan Qualcomm akan menggunakan inti CPU Oryon baru. Kabarnya, inti CPU tersebut bisa menyamai performa chip Apple seri A dan M yang digunakan pada iPhone, iPad, dan Mac.

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 4 juga dibuat dengan pemrosesan generasi kedua TSMC 3nm. Ini adalah proses serupa untuk fabrikasi chipset Apple M4 dan yang selanjutnya A18.

Layar dan komponen bodi yang digunakan seri Samsung Galaxy S25 nantinya saja dikatakan sudah mahal.

Dengan chip Snapdragon 8 Gen 4 yang harganya tinggi, maka harga jual Galaxy S25 pun sulit untuk tetap sama seperti Galaxy S24.

Jika harga Snapdragon 8 Gen 4 makin mahal, bukan cuma harga Galaxy S25 saja yang naik, tetapi semua pabrikan HP Android high-end yang menggunakan chip tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pabrikan HP untuk menghadapi potensi kenaikan harga Snapdragon 8 Gen 4. Salah satunya memang menaikkan harga jual HP, tetapi ada cara lain.

iPhone 16

Dalam postingan di X, analis Ming-Chi Kuo menyampaikan ekspektasinya terhadap warna iPhone 16. Kuo mengklaim akan ada dua warna baru yang menggantikan warna sebelumnya.

Secara khusus, Kuo yakin Apple Akan mempertahankan pilihan warna hitam, hijau, dan pink untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

Namun, pilihan warna kuning mungkin akan hilang dan digantikan dengan warna putih, seperti dikutip dari situs GSM Arena.

Sementara itu, iPhone 16 Pro dan Pro Max diprediksi hadir dengan pilihan warna hitam, putih atau perak, dan abu-abu.

Warna yang kemungkinan akan hilang adalah 'Blue Titanium'. Opsi ini dapat diganti dengan warna 'Rose Titanium' yang baru.

Kuo menambahkan bahwa Apple bisa saja mengganti nama warna-warna ini, meskipun corak warnanya tidak berubah. Contoh yang diberikan Kuo adalah ketika Apple mengganti nama putih menjadi "Starlight."

Perubahan ini terjadi ketika Apple merilis iPhone 13. Berdasarkan bocoran sebelumnya, kemungkinan akan ada beberapa perubahan desain pada seri iPhone 16, seperti tombol baru dan model Pro yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya