Apple, Samsung Bersaing di Kepuasan Pelanggan

Apple iPhone 4
Sumber :
  • GSM Arena

VIVAnews - Dalam sebuah survey  kepuasan pelanggan yang dirilis oleh J.D Power, produk Apple dan Samsung merajai di semua kategori kepuasan pelanggan dari segi ukuran produk, kualitas layar, ketahanan baterai, dan kecepatan proses.

Menurut hasil studi J.D Power, dikutip dari Cnet, 9 September 2011, Apple menempati peringkat tertinggi dalam kepuasan pelanggan di antara produsen smartphone, sementara Samsung peringkat nomor pertama dalam kategori produk ponsel.

Dari studi tersebut, kepuasan pengguna berkaitan erat pada bobot, ukuran, kualitas tampilan, kecepatan proses, daya tahan baterai, dan kemampuan layar.

Dalam kategori berat, tingkat kepuasan yang tertinggi adalah pada smartphone yang bobotnya tak melebihi 5 ons atau 141 gram, setelah itu baru smartphone yang memiliki berat 5 ons atau lebih. Demikian pula pada ponsel biasa. Pelanggan paling puas jika berat ponsel sekitar 3 sampai 3,5 ons atau sekitar 85 sampai 100 gram.

Layar sentuh pada smartphone, menurut hasil survey, juga merupakan faktor yang penting setelah itu keyboard Qwerty, dan diikuti oleh kemampuan layar sentuh.

Untuk ponsel biasa, penentunya kepuasan pengguna adalah penampilan (31%), operasi yang mudah (24%), desain fisik (24%), dan fitur (20%). Sementara untuk smartphone, pengguna lebih memilih penampilan (35%), operasi yang mudah (24%), fitur (21%), dan desain fisik (20%).

Dari survey, akhirnya Apple terpilih sebagai produsen smartphone yang paling memuaskan dengan total skor mencapai 838 poin, diikuti oleh smartphone besutan HTC yang berada di peringkat kedua dengan 801 poin.

Untuk ponsel fitur, Samsung berada di peringkat pertama sebagai produsen ponsel yang paling memuaskan pengguna dengan 718 poin. Di peringkat kedua, LG dengan 717 poin dan diikuti oleh Sanyo dan Sony Ericsson dengan 716 dan 709 poin. (eh)

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu
TikToker Galih Loss

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Galih Loss menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat muslim atas konten yang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024