Analis: Xiaomi Ingin Seperti Apple

CEO Xiaomi Lei Jun.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Lee

VIVA.co.id - Peluncuran dua produk terbaru Xiaomi membuktikan bila perusahaan Tiongkok itu benar-benar mengekor Apple. Jika iPhone punya iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Xiaomi memiliki Mi Note dan Mi Note Pro.

Keduanya berbeda dari segi ukuran, harga dan spesifikasi. Xiaomi memang telah lama dituduh menjiplak Apple. Bahkan menurut analis, Xiaomi seperti anak remaja yang ingin bertingkah seperti orang dewasa.

"Mereka mencoba untuk memposisikan diri sebagai pesaing Apple dan berusaha tampil untuk konsumen Tiongkok yang masih memilih iPhone," ujar Kiranjeet Kumar, analis pasar dari IDC Asia Pasifik, seperti dikutip BBC, Jumat, 16 Januari 2014.

Dalam urusan fitur, analis menganggap spesifikasi ponsel baru Xiaomi tidak memperlihatkan adanya inovasi terbaru. Perusahaan pimpinan Lei Jun itu masih mengandalkan harga murah untuk menarik minat pasar.

"Xiaomi memang mengubah permainan. Ketimbang membuat orang fokus pada inovasi fitur, mereka mengalihkan perhatian dengan fitur tinggi untuk kategori ponsel murah. Model baru ini hanya sekadar versi pembaruan dari pendahulunya. Jika ingin memenangkan persaingan, Xiaomi harus bisa memperbarui lini produknya," ujar Kumar.

Mi Note memiliki spesifikasi yang lumayan. Ketebalannya hanya 6,95 milimeter dengan layar teknologi 1080p berukuran 5,7 inci. Ia juga memiliki kamera utama 13 megapiksel, baterai 3000 mAh, kapasitas memori RAM 3GB dan dukungan prosesor 801 Snapdragon. Panel depan dan belakangnya terbuat dari kaca yang sedikit melengkung. Mereka menyebut kaca depan sebagai 2,5D dan kaca belakang sebagai 3D.

Jika Mi Note dihargai US$370, versi Pro memiliki harga yang berbeda, US$520. Untuk Mi Note Pro, pengguna akan mendapatkan tambahan kapasitas RAM 4GB, dukungan prosesor Snapdragon 810, dan kelengkapan layar teknologi 1440p.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

CEO Xiaomi, Lei Jun tidak membantah bahwa dalam produksinya, Xiaomi mendekati manufaktur yang juga memproduksi komponen Apple.

CEO Xiaomi Lei Jun saat peluncuran produk baru.

Xiaomi Rilis Program Tukar iPhone dengan Mi Note

Apapun kondisi iPhone bisa ditukarkan dengan Mi Note.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2015