Winner Y Star, Smartphone Sejutaan dengan Sensor Sidik Jari

Evercoss Winner Y Star
Sumber :
  • VIVA.co.id/Afra Augesti

VIVA.co.id – Evercoss resmi merilis smartphone seri Winner keluaran terbarunya, Winner Y Star. Ponsel pintar ini tampil berbeda dengan mengunggulkan performanya. Manager Marketing Communication Evercoss, Suryadi William mengatakan, Y Star didukung dengan sistem operasi Android, Android Nougat (7.0).

Vendor Smartphone Lokal 'Teriak' ke Pemerintah, Ingin Bentuk Asosiasi

"Winner Y Star merupakan smartphone 4LTE dengan OS Android Nougat pertama yang dirilis Evercoss," katanya usai peluncuran Winner Y Star di Mercure Hotel, Jakarta, Kamis 8 Juni 2017.

Smartphone besutan Android ini dibekali dengan fitur Multitasking, sehingga pengguna dapat membuka dua atau lebih aplikasi dalam waktu bersamaan. Keunggulan lainnya yaitu penghematan paket data dan internet.

Dongkrak Jumlah Produksi Smartphone, Evercoss Gaet Anak SMK

"Android Nougat ini kan biasa dipakai di ponsel-ponsel premium ya, high end. Nah, Nougat ini punya fitur data saver yang fungsinya meminimalisir penggunaan data yang enggak terpakai," jelas Suryadi. 

Dia menjelaskan, Android Nougat pada smartphone anyar ini punya fitur baru yakni Split Screen. Fitur ini berguna misalnya saat pengguna membuka YouTube, kemudian muncul notifikasi chat dari teman, maka pengguna tetap bisa menonton YouTube sambil membalas chat, tanpa harus menutup YouTube.

Fingerprint di Depan atau Belakang, Ada Maksudnya Lho

Spesifikasi

Lapisan bodi Y Star terbuat dari metal bezel menjadikannya terlihat berbeda. Ada empat pilihan warna varian yang siap memikat mata konsumen, yaitu black, gold, blue, dan white. Bagian bodi depan dan belakang disematkan kamera dengan pixel serupa, yaitu 8 MP dengan autofocus dan flash.

Y Star disokong dengan layar sentuh 5 inci IPS. Teknologi layar ini memiliki kelebihan saat digunakan di luar ruangan. Meski berada di bawah terik matahari, Y Star disebut tetap mampu menampilkan tampilan yang jelas.

Untuk sistem keamanan, Winner Y Star mengadopsi teknologi Fingerprint. Teknologi ini memungkinkan penggunanya menjaga kerahasiaan data dan file lebih aman.Meski terlihat manis di bagian luar, nyatanya Y Star mampu menunjukkan kegarangannya.

Y Star dipersenjatai dengan sistem operasi Android kustom buatan tim Evercoss, PT AIG, yaitu VOS. VOS merupakan sistem user interface yang memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memilih tema layar. Suryadi menyebut ada enam tema yang bisa dipilih sesuai selera pengguna.

VOS juga dilengkapi dengan berbagai fitur guna mengoptimalkan performa handphone, salah satu yang diandalkan adalah freezer. Sesuai arti harafiah namanya, freezer digunakan untuk menonaktifkan aplikasi yang tak terpakai, sehingga menghemat daya baterai dan paket data internet.

"Contohnya ada aplikasi yang sudah terlanjur kita download, tanpa kita sadari sewaktu aplikasi ini ditutup ternyata masih buang kuota dan menyedot daya baterai. Freezer itu tugasnya nge-freeze si aplikasi. Nanti aplikasi ini enggak kebaca sama si HP. Artinya, memori HP bisa lebih dioptimalkan dan penggunaan data enggak kena," jelas Suryadi.

Selain itu VOS juga memiliki antivirus untuk memindai malware. Terdapat pula fitur speedup untuk membersihkan file cache.

"Y Star ini bisa nge-buzz, bisa membuang data-data sampah atau data cache. Nah, kalau data cache dibuang kan bisa nge-buzz kapasitas memori RAM. Dia jadi lebih enteng waktu running aplikasi," kata Suryadi.

Dapur pacu Y Star didukung prosesor Quad Core 1.3GHz dan RAM 2GB/ROM 16GB. Ponsel ini juga mendukung sistem layanan operator 4GLTE 1800/900 MHz dengan penggunaan dual Sim Card. Sementara itu, Winner Y Star sudah mulai menampakkan diri di pasaran Indonesia sejak 5 Juni 2017 dengan harga Rp1,299 juta. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya