7,2 Juta Smartphone Dikirim ke Indonesia, Mayoritas China

Ilustrasi-Pengguna internet
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVA – Dalam laporan IDC yang terbaru diketahui jumlah smartphone yang dikapalkan ke Indonesia ternyata hampir mencapai 7,2 juta unit pada kuartal ketiga tahun ini. Namun sayang, jumlah ini ternyata mengalami penurunan.

Harus Bangga Jika Punya 6 HP Samsung Ini

Dikatakan Risky Febian, Associate Market Analyst IDC Indonesia, jumlah itu mengalami penurunan 1,1 persen year on year setelah libur lebaran kuartal dua 2017. Namun begitu, di sisi lain, average selling prices (ASP) smartphone naik hingga U$193, naik drastis 31 persen year on year.

Diklaim Risky, banyak model smartphone yang popular dari Samsung dan OPPO kini berada di harga yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

“Selain dari aktivitas ritel musiman setelah periode libur Lebaran di kuartal kedua 2017, beberapa perusahaan smartphone mengambil kesempatan untuk membersihkan inventory mereka di kuartal tersebut demi memberi ruang pada model-model baru yang akan diluncurkan dikuartal 4, saat aktivitas ritel diprediksi akan membaik kembali," papar Risky dalam keterangannya, Kamis, 23 November 2017.

Dalam lima terbesar, Samsung tetap memimpin dengan pangsa pasar 30 persen. Namun di bawahnya, ada tiga smartphone asal China (Oppo, Vivo, dan Xiaomi) dan satu vendor lokal (Advan) yang menduduki posisi ketiga.

3 Rekomendasi HP Samsung Terbaik Harga Dibawah Rp 5 Juta, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Indonesia tetap merupakan pasar yang sangat sensitif terhadap harga, dengan smartphones low-end yang masih mendominasi setengah dari pasar dengan pangsa 47 persen, sementara smartphones midrange terus bertumbuh dengan pangsa sebesar 32 persen di kuartal tiga 2017. (hd)

Samsung Galaxy S24 series.

Daftar Harga HP Samsung per 8 April 2024, Mulai dari A hingga Z

Samsung adalah nama yang tidak asing lagi di dunia teknologi, khususnya HP. Merek asal Korea Selatan ini konsisten menghadirkan inovasi dan pilihan lengkap untuk berbagai

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024