Intip Jalan Bertenaga Surya Pertama Dunia di China

Jalan raya berpanel surya pertama di dunia ada di China
Sumber :
  • Reuters/Stringer

VIVA – China sudah siap mengoperasikan jalan raya dengan tenaga panel surya pertama di dunia. Jalan raya surya yang panjangnya 2 kilometer itu terletak di seksi khusus ring road Jinan, timur Provinsi Shandong. Rencananya pada pergantian tahun nanti, jalan bertenaga panel surya ini sudah bisa dipakai. 

Pabrik Daihatsu Indonesia Pakai Teknologi Canggih, Bisa Kurangi Emisi Berbahaya

Jalan bertenaga surya ini terdiri dari tiga lapis. Lapisan terbawah merupakan lapisan isolasi yang mencegah kelembapan tak sampai ke perangkat fotovoltaik pada lapisan tengah. Pada lapisan teratas, merupakan lapisan pelindung yang dibangun dari bahan beton transparan. 

Dikutip dari Sputniknews, Sabtu 30 Desember 2017, pengelola telah menguji minibus yang berjalan dengan kecepatan 100 kilometer per jam di atas jalan berpanel surya ini. Hasilnya cukup memuaskan. Menurut laporan CCTV Report, pengemudi mobil mengatakan jarak pengereman pada jalan raya panel surya itu hampir identik dengan permukaan aspal tradisional.

Usaha Kelompok Keban Agung Sumsel Bangga Adanya Panel Surya

Jalan raya berpanel surya pertama di dunia ada di ChinaLapisan fotovoltaik yang ada di tengah mampu menghasilkan listrik. Perancang proyek dan ahli transportasi Universitas Tongji, China, Zhang Hongchao mengatakan ke depan lapisan fotovoltaik berpotensi mengecas secara mulus untuk mobil listrik saat berhenti. Fungsi itu bisa tersedia begitu ada muncul teknologi pengecasan surya.

Konsep ramah lingkungan / eco-culture / green industry.

Membudayakan Gaya Hidup Ramah Lingkungan dengan Panel Surya

Johannes Weissenbaeck mengaku akan melengkapi semua unitnya dengan panel surya tanpa dikenakan biaya tambahan ke konsumen, dengan biaya setara tarif listrik PLN.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024