ShopeePay Menjauh, Gopay dan Ovo Tertatih-tatih

Shopee.
Shopee.
Sumber :
  • DealStreetAsia

VIVA – ShopeePay menguasai 38 persen pangsa pasar transaksi e-wallet atau dompet digital di Indonesia, berdasarkan hasil survei konsumen secara online yang dilakukan Snapcart berdasarkan data jumlah pengguna e-wallet selama kuartal I 2021. Disusul Gopay dan Ovo (masing-masing 19 persen), Dana (17 persen), dan LinkAja (7 persen).

“Ini capaian yang luar biasa, karena ShopeePay boleh dibilang pendatang baru. Namun, karena kompatibel dengan portal belanja online terbesar di Indonesia, Shopee, sehingga cepat berkembang,” kata Direktur Snapcart Indonesia, Astrid Williandry, Selasa, 30 Maret 2021.

Baca: Jejak Startup Lokal hingga ke New York

Snapcart juga memaparkan ShopeePay adalah e-wallet yang paling banyak digunakan konsumen Indonesia sebesar 76 persen pada kuartal dan tahun yang sama. Disusul oleh Gopay (57 persen), Ovo (54 persen), Dana (49 persen), dan LinkAja (21 persen).

"Lima brand ini paling banyak digunakan konsumen Indonesia dalam melakukan pembayaran dengan uang digital. Kelimanya sangat populer karena rajin melakukan promosi dan menjalin kerja sama dengan berbagai merchant,” tuturnya.

Kuasai online dan offline

Dari data frekuensi penggunaan e-wallet untuk pembayaran digital dalam survei selama 3 bulan, ShopeePay merupakan e-wallet yang paling sering digunakan (10,7 kali) secara frekuensi pembayaran uang digital melalui platform online maupun offline yang dilakukan dalam satu bulan.

Halaman Selanjutnya
img_title