E-Commerce Bakal Panen Cuan dari Mudik Digital

E-commerce.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Pemerintah lewat penandatanganan kerja sama antara Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) pada awal pekan ini yang menetapkan 5 Mei sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

Bersama para pelaku industri e-commerce Tanah Air, Bhinneka.com turut menyukseskan kampanye 5.5 Hari BBI dengan memberikan program gratis ongkos kirim pada 5-13 Mei 2021 dan potongan harga hingga Rp500 ribu sebagai dukungan nyata untuk produk dalam negeri dan sekaligus merayakan Lebaran Idul Fitri di rumah saja (mudik digital).

Baca: Mengumpulkan Startup untuk Galang Dana

Lebaran Pengeluaran Membengkak? Ini 7 Tips Menyiasatinya Biar Lebih Hemat

Informasi saja, mudik digital merupakan aktivitas silaturahmi yang dilakukan melalui panggilan video bersama (video call) keluarga. Kegiatan ini diharapkan memutus mata rantai penularan wabah COVID-19 ke sejumlah daerah.

“Hari BBI tentu jadi kesempatan bagi industri e-commerce dan pemerintah untuk bergotong royong memajukan perekonomian negeri. Melalui gratis ongkir (ongkos kirim) dan promo yang diberikan, kami harap dapat berdampak pada peningkatan penjualan pelaku bisnis lokal dan UMKM," kata Ketua Umum idEA, Bima Laga, Kamis, 6 Mei 2021.

Integrasi TikTok Shop-Tokopedia Rampung, Kemendag Pastikan Awasi Ketat Transaksi

Sementara itu, Head of Corporate Communications Bhinneka.com Astrid Warsito, mengaku memberikan kemudahan bagi para pelanggan serta mendorong geliat pelaku UMKM menjelang Lebaran melalui kemitraan bersama fintech, perbankan, dan logistik.

Salah satunya Bazar Hebat berisi paket sembilan bahan pokok atau sembako untuk berbagi dengan sesama mulai dari Rp100 ribuan, atau gawai (gadget) dari Advan dan Evercoss, yang harganya mulai dari Rp800 ribuan.

"Kami memahami bahwa dalam situasi pembatasan sosial sekarang ini akibat pandemi COVID-19, maka e-commerce menjadi solusi. Seperti tahun lalu saja peningkatan transaksi online menjelang Hari Raya Idul Fitri melonjak," ungkapnya.

Photo :
  • BusinessLIVE

Lebih lanjut Astrid melihat bahwa Hari BBI menjadi momentum mengajak masyarakat memiliki semangat #MudikDariHati alias mudik digital. Meski Idul Fitri tahun ini masih dalam suasana pandemi COVID-19, namun silaturahmi tetap bisa dilakukan tanpa tatap muka.

Berkirim care package kepada sanak keluarga atau membeli makanan khas daerah asal melalui platform online diharapkan mampu mengobati kerinduan di kampung halaman. Dari sisi logistik dan pengiriman, Bhinneka.com juga telah didukung oleh Bhinneka Xpress, TIKI, dan JNE.

Adapun mitra fintech dan perbankan yang sudah bekerja sama dengan Bhinneka.com di antaranya BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OCBC NISP, Digibank, Maybank, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Danamon, Ovo, Cicil.co.id, Kredivo, Duha Syariah, dan KreditPlus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya