Jumlah Pedagang Online Melonjak, E-Commerce Lokal Pasang Target

E-commerce.
Sumber :
  • DealStreetAsia

VIVA – Bank Indonesia memperkirakan nilai transaksi e-commerce tahun ini mencapai Rp395 triliun atau tumbuh 48,4 persen secara tahunan (year on year/yoy). Padahal sebelumnya, BI memperkirakan total nilai e-commerce pada akhir 2021 sebesar Rp370 triliun atau hanya tumbuh 39,1 persen yoy.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Angka itu pun lebih tinggi dari ramalan sebelumnya yang sebesar Rp330,7 triliun atau tumbuh 33,2 persen yoy. Indonesia saat ini tercatat sebagai negara keenam dengan pengguna internet terbanyak di dunia.

Tahun lalu saja ada 102,8 juta pengguna internet, menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo. Fenomena tersebut sedikit banyak berpengaruh terhadap hajat e-commerce seperti Grosirasja maupun pebisnis lain yang menjajakan produknya via online.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dengan naiknya jumlah pengguna e commerce di Indonesia, Grosiraja melihat sebagai sebuah peluang tetapi juga banyak tantangan yang harus dihadapi terutama mengenai pelayanan. Sebagai e-commerce aplikasi business to business (B2B), fokus Grosiraja adalah meningkatkan pelayanan bagi mitra seller.

"Kami melihat Indonesia adalah pasar yang sangat potensial. Itu karena masyarakat di sini begitu tinggi transaksi belanja online-nya," kata Kepala Eksekutif Grosiraja, Albern, Jumat, 10 September 2021.

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Saat ini pengguna aktif Grosiraja lebih dari 6 juta pengguna aktif. Ia pun menargetkan mencapai 10 juta pengguna aktif sampai akhir tahun ini. Untuk itu, Albern lebih fokus untuk meningkatkan pelayanan seperti kemudahan penggunaan aplikasi kecepatan pengiriman, serta kualitas produk yang terus ditingkatkan.

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan telah terjadi lonjakan akun baru di e-commerce yang menjual berbagai produk. Lonjakannya bahkan mencapai 250 persen.

Dengan tingginya jumlah pedagang online baru, maka Grosiraja merasa perlu untuk memberikan edukasi kepada para mitra seller. Oleh karena itu, Grosiraja menggandeng banyak digitalprenuer untuk berbagai pengalaman dan kesuksesan kepada mitra seller.

“Sejauh ini edukasi terhadap mitra seller sangat efektif memberikan wawasan agar mampu bertahan dan berkembang di tengah banyak sekali pedagang online yang bermunculan," papar Albern.

Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in literasi digital

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in Literasi Digital dengan mengusung tema “Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya”.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024