Grab Wisuda 6 Startup Lokal

Grab.
Sumber :
  • Mime Asia

VIVA – Enam perusahaan rintisan atau startup dinyatakan lulus Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 4 X Sembrani Wira. Keenam startup pilihan yang dinyatakan lulus adalah Cook Lab, Crewdible, Dagangan, iSeller, Majoo, dan Octopus.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan startup merupakan salah satu kunci percepatan transformasi digital di Indonesia.

Oleh karena itu diperlukan sinergi dan kolaborasi dari seluruh komponen bangsa untuk mendukung dan memperkuat tumbuh kembang ekosistem startup nasional.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

"Saya berharap kehadiran enam startup lulusan hari ini dapat semakin memperkuat ekosistem ekonomi digital Indonesia, menciptakan efek turunan yang produktif bagi pertumbuhan nasional yang akseleratif, inklusif, dan berkelanjutan,” kata dia, melalui konferensi pers virtual, Rabu, 24 November 2021.

Pada kesempatan yang sama, Country Manager Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan program GVV Batch 4 X Sembrani Wira merupakan bentuk komitmen Grab untuk konsisten mendorong perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pertumbuhan ekonomi digital serta pemulihan ekonomi di Indonesia.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

"Kami memilih enam startup yang terdiri dari latar belakang industri yang berbeda-beda sesuai dengan kriteria," ujarnya. Neneng menyebut, keenam startup itu juga menjalani sesi uji coba ide atau produk baru mereka di dalam ekosistem Grab melalui pilot program.

Terakhir, mereka mengikuti "Impact Day", di mana semua startup tersebut berkesempatan melakukan business pitching serta memiliki sesi networking dengan para venture capital.

"Keenam startup ini sudah menjalani beragam aktivitas selama 16 Minggu, seperti pelatihan dengan berbagai topik yang menarik bagi para startup dan mentorship one-on-one bersama para ahli dari berbagai latar belakang," jelas Neneng.

Ia menambahkan, selama program berjalan, tiga dari enam startup ini berhasil mendapatkan pendanaan.

Ketiganya yaitu iSeller dengan pre-series B, Dagangan dengan series A, dan majoo dengan pre-series A. Berikut profil singkat enam startup yang diwisuda Grab:

Cook Lab, platform penyedia makanan sehat siap masak dan siap saji yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan dari tiap penggunanya.

Crewdible, platform gudang daring penyedia solusi layanan penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman barang bagi UMKM.

Dagangan, platform social commerce untuk pendistribusian barang-barang sembako di wilayah pedesaan.

iSeller, omnichannel platform yang menawarkan solusi bagi UMKM di Indonesia untuk berjualan dan bertransaksi secara online maupun offline.

Majoo, platform pengelolaan bisnis UMKM mulai dari pengelolaan penjualan, pelanggan, pembayaran, inventori, keuangan, karyawan, hingga pembiayaan usaha.

Octopus, platform logistik limbah daur ulang untuk memudahkan pengumpulan kemasan plastik bekas pakai.

"Setelah lulus, keenamnya memperoleh kesempatan untuk terus melanjutkan kolaborasi dengan layanan Grab. Salah satunya menyediakan layanan di Solusi Mitra GrabMerchant," ungkap Neneng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya