Startup Lokal Lolos dari Lubang Jarum

Startup.
Sumber :
  • Stanford Graduate School of Business - Stanford University

VIVA – GPS tracker lokal Fox Logger mengklaim sebagai perusahaan rintisan atau startup yang sehat karena menerapkan konsep Lean Organization.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Kepala Eksekutif Fox Logger Indonesia, Alamsyah Cheung bercerita tantangan yang dihadapi selama 2 tahun terakhir, atau ketika pandemi COVID-19 mulai melanda dunia dan Indonesia.

“Tahun 2020 adalah yang terberat karena omzet kami anjlok hingga 50 persen,” ungkapnya mengenang, dalam konferensi pers virtual, Jumat, 4 Februari 2022.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Namun, Alamsyah tidak tinggal diam dengan situasi yang dihadapi dan mulai melakukan beberapa terobosan terutama dalam hal penjualan dan pemasaran produk-produk Fox Logger.

"Kami melakukan kampanye pemasaran melalui platform digital seperti Facebook dan Google ads secara masif dengan membuat konten yang disesuaikan dengan tren yang sedang berlangsung," jelas dia.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Selain sisi pemasaran, Alamsyah juga memberi perhatian kepada divisi rancang bangun serta layanan purna jual.

Platform Fox Logger.

Photo :
  • Fox Logger

“Kami berusaha meningkatkan kualitas platform dan kecerdasan buatan (AI) yang akan memanjakan banyak konsumen Fox Logger. Ini semata-mata kami ingin lebih meningkatkan lifetime value Fox Logger," tuturnya.

Bukan itu saja. Ia melakukan peningkatan kualitas dari anggota tim yang ada melalui pelatihan-peatihan regular selain merekrut anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan.

Kerja keras yang dilakukan terbukti membawa hasil ketika memasuki 2021, di mana ketika pada 2020 rataan penjualan produk Fox Logger setiap bulannya sekitar 7 ribu unit, meningkat drastis menjadi 12 ribu unit per bulannya di tahun lalu.

“Dan yang membuat saya semakin bersyukur. Meskipun ada penyesuaian gaji namun tidak ada satu pun anggota tim yang kami rumahkan atau pun melakukan pemotongan gaji hingga saat ini," kata Alamsyah.

Oleh karena itu, ia selalu percaya bahwa hambatan tidak selalu membawa dampak negatif. Namun, sering kali memicu untuk mengeluarkan kemampuan terbaik.

Sebagai penguasa pasar GPS tracker berbasis IoT di Indonesia, Fox Logger juga merupakan pionir dalam layanan one stop solution bagi klien-kliennya, baik perorangan maupun korporat.

Para pengguna diberikan kemudahan layanan sejak dari pemasangan hingga pemanfaatan dalam memantau dan melacak keberadaan kendaraan atau aset bergerak lainnya.

Akurasi Fox Logger dalam melakukan tracking telah mendukung produktivitas, efektivitas, serta efisiensi yang dibutuhkan pelanggan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya