3 Penghambat Bisnis UKM Kini Bisa Diatasi

Startup.
Sumber :
  • Stanford Graduate School of Business - Stanford University

VIVA – Perusahaan software-as-a-service di bidang supply chain, Advotics, baru saja mengumumkan layanan terbarunya yang disebut Distri, yaitu sistem manajemen distribusi terintegrasi yang dibangun dengan Stripe Connect.

Realisasi Penyaluran Bansos oleh Pos Indonesia Kuartal I-2024 Capai 60.562 KPM

Layanan ini akan membantu menyelesaikan masalah penagihan dan rekonsiliasi pembayaran bussines-to-business (B2B) bagi para distributor ritel di Indonesia. Advotics berupaya untuk menghilangkan perantara pembayaran dan proses rekonsiliasi manual yang merepotkan.

Distri juga menyediakan solusi lengkap distributor untuk mengelola penjualan, stok, dan pembukuan mereka, di samping mendigitalisasi transaksi pembayaran masuk dari toko.

Miris! Menkominfo Sebut Transaksi Judi Online Capai Rp 327 T di 2023

Advotics sebelumnya telah melakukan survei dan menemukan sebanyak 50 persen distributor pernah mengalami kehilangan omset karena pembayaran dan penyesuaian secara manual.

"Kami berambisi untuk mendigitalisasi bisnis UKM dengan teknologi maju yang sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan multinasional yang lebih besar," ungkap Co-founder and CEO Advotics Boris Sanjaya, dalam konferensi pers virtual, Rabu, 20 April 2022.

Ramai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU PLN Naik 2 Kali Lipat saat Mudik

Dengan demikian, distributor dapat menghasilkan faktur untuk setiap transaksi secara otomatis, yang selanjutnya dikirim ke telepon seluler pemilik toko untuk melakukan pembayaran.

Kemudian, pemilik toko dapat membayar menggunakan opsi pembayaran akun virtual BCA, BNI atau Bank Mandiri.

Setelah pembayaran selesai, Distri akan secara otomatis memperbarui status transaksinya sehingga pengguna dapat menghemat waktu, memperlancar arus kas, serta meningkatkan visibilitas, baik untuk distributor maupun pemilik toko sebagai konsumen.

"Distri merupakan contoh bagus bagaimana Stripe Connect menjadi cara mudah, aman, dan tepercaya bagi penyedia platform seperti Advotics untuk membangun solusi ampuh yang dapat menghemat waktu, biaya, dan kerumitan yang dialami UKM," kata Country Head Stripe Indonesia Ongki Kurniawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya