inDriver Pastikan Tidak Ikut Jejak Gojek dan Grab

inDriver.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Naufal

VIVA – inDriver, perusahaan rintisan atau startup yang bergerak di bidang transportasi online dan juga rival Gojek serta Grab, memastikan tidak akan melakukan strategi 'bakar duit' sebagai tanggapan atas fenomena pemutusan hubungan kerja atau PHK karyawan secara massal di Indonesia oleh beberapa startup.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Menurut Country Manager inDriver Indonesia Georgy Malkov, krisis yang menghantam sejumlah startup yang berujung kepada PHK karyawan karena kesalahan strategi 'bakar duit'. Oleh karena itu, Malkov memastikan inDriver tidak akan mengikuti strategi yang juga dilakukan oleh Gojek dan Grab tersebut.

"Kami dari awal sudah menyadari kalau strategi ini (bakar duit) bukan yang terbaik. Karena itu, kami lebih memilih untuk menerapkan bisnis model peer-to-peer yang membuat pelanggan dengan mitra pengemudi dapat bernegosiasi soal tarif perjalanan mereka, yang tentunya, disesuaikan dengan aturan yang berlaku" kata dia di Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022.

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Malkov juga mengklaim jika strategi bisnis yang dijalankan tidak akan merugikan perusahaan, mitra maupun konsumen.

"Kalau investment-nya kurang menguntungkan tentu kita tidak akan melakukannya. Kami tidak akan melakukan penyesuaian bisnis dan siap beradaptasi dengan pasar di negara tempat kami beroperasi. Indonesia merupakan negara dengan pasar yang besar. Target utama kami adalah Asia," jelas Malkov.

GoTo Rugi Rp 90 Triliun pada 2023, Manajemen Ungkap Penyebabnya

inDriver telah beroperasi di Indonsia sejak 2019 dan sudah beroperasi di 50 kota besar. Hingga saat ini, inDriver memperkerjakan lebih dari 1.900 orang dan menyabet status sebagai startup unicorn pada 2021, di mana valuasinya mencapai US$1,23 miliar atau Rp18,7 triliun.

inDriver.

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal

inDriver secara resmi telah meluncurkan Driver Lounge yang diperuntukkan bagi mitra pengemudi sebagai tempat melepas lelah sejenak yang terletak di Gedung Graha Kapital 2, Kemang, Jakarta Selatan.

Lounge ini buka setiap hari dan dilengkapi akses Wi-Fi gratis, area istirahat, musala, stasiun pengisian daya, toilet, minuman, dan area parkir gratis. Nantinya, di Driver Lounge juga akan diadakan pertemuan mingguan antara perusahaan dengan para mitra pengemudi.

"Kami rencananya ingin memberikan manfaat tambahan seperti voucher bensin dan belanja, diskon layanan cuci motor dan perawatan kendaraan," ujar Country Driver Operation Team Leader inDriver Indonesia, Dini Dwi Satria, dalam kesempatan yang sama.

Ia mengatakan pembukaan Driver Lounge sebagai bagian dari upaya inDriver untuk meningkatkan kesejahteraan mitra pengemudi. Ke depannya, jika feedback dari para mitra pengemudi terhadap Driver Lounge ini positif, maka, bukan tidak mungkin, akan mendirikannya di kota-kota besar lain.

"Kami menyadari betapa besarnya komitmen dan kerja keras mitra pengemudi untuk menyediakan layanan transportasi online bermutu tinggi. Driver Lounge merupakan satu dari sekian banyak upaya kami untuk membuat mereka nyaman," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya