6 Cara Daftar GrabFood untuk Pelaku Bisnis Kuliner

Cara daftar GrabFood.
Sumber :
  • Paultan

VIVA Tekno – Cara daftar GrabFood mungkin banyak dicari oleh para pebisnis kuliner yang ingin mendaftarkan bisnis mereka dalam merchant GrabFood. Bisnis kuliner sendiri menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan saat ini banyak diminati. Namun diperlukan keahlian dalam melihat peluang untuk mempromosikannya untuk bisa mendapatkan keuntungan besar.

Cara Daftar Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023

Beruntungnya di era teknologi yang sudah serba canggih ini, para pebisnis kuliner bisa mempromosikan bisnis mereka dengan lebih mudah karena banyak medium yang dapat digunakan untuk memasarkan produk.

Salah satunya platform layanan pesan antar makanan online yang saat ini telah menjadi salah satu layanan yang diandalkan dan banyak digunakan oleh masyarakat. Platform layanan pesan antar makanan online tersebut salah satunya adalah GrabFood yang populer di Indonesia. 

Layanan Pesan Antar Online Bikin UMKM Kuliner Makin Cuan, Ini Buktinya

Biasanya akan ada banyak pilihan merchant di dalamnya dan banyak juga promo menarik yang ditawarkan oleh GrabFood. Nah, bagi kamu para pelaku bisnis kuliner yang ingin bergabung sebagai merchant GrabFood tentu harus mengetahui terlebih dahulu cara daftar GrabFood. Simak penjelasan cara daftar GrabFood berikut ini. 

Cara Daftar GrabFood

Simak 6 Langkah Cara Daftar Tiktok Shop untuk Jualan Online

Untuk mendaftar GrabFood kamu bisa mengikuti alur pendaftarannya berikut ini, berdasarkan laman GrabFood Merchant:

1. Membuat profil pebisnis dan verifikasi akun

Grab Food kolaborasi dengan Ruben Onsu

Photo :

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat profil bisnis, apabila kamu belum memiliki profil di halaman GrabFood Merchant, kamu bisa membuat profil terlebih dahulu dengan mengisi beberapa informasi seperti berikut:

Nama Bisnis/Restoran

Alamat Bisnis/Restoran beserta kota

Nomor Handphone

Alamat Email

Formulir bisa diisi di halaman https://www.grab.com/id/merchant/food/ lalu klik “DAFTAR”.  Kemudian tunggu kurang lebih selama 15 menit untuk mendapatkan kode verifikasi melalui email verifikasi yang dikirimkan oleh tim GrabFood yang harus diselesaikan dalam 72 jam. Pastikan email bisnis/restoran juga sudah terdaftar dan terverifikasi  dengan sukses.

2. Upload informasi bisnis/restoran

Ilustrasi makan di restoran.

Photo :
  • Pexels/rawpixel

Setelah melakukan verifikasi email terverifikasi, tim GrabFood akan menghubungi pebisnis dan menjelaskan langkah selanjutnya terkait dengan informasi toko. Setelah itu kamu email akan dikirim untuk meminta melengkapi informasi terkait bisnis/restoran seperti foto restoran, foto menu dan lain lainnya.

3. Tanda tangan kontrak

Tanda tangan

Photo :
  • U-Report

Setelah informasi toko telah dilengkapi. Tahap selanjutnya yang dilakukan adalah menandatangani kontrak dengan GrabFood yang akan dikirimkan melalui email oleh. Pastikan kontraknya sudah dibaca dengan baik mulai dari syarat dan ketentuannya sebelum sang pebisnis menandatangani kontrak tersebut. 

4. Verifikasi email outlet

Ilustrasi email.

Photo :
  • U-Report

Setelah proses tanda tangan kontrak selesai, pebisnis akan kembali diminta untuk melakukan verifikasi email outlet dengan batas waktu 72 jam. Pastikan email yang akan diverifikasi sudah terverifikasi sebelum 72 jam, karena jika tidak verifikasi akan gagal. Sementara itu, untuk melakukan verifikasi ulang, kamu bisa menghubungi tim customer service GrabFood.

5. Proses verifikasi OVO

Dompet digital OVO

Photo :
  • OVO

Selanjutnya adalah tahap verifikasi OVO yang merupakan digital wallet sebagai mitra kerja sama dengan Grab dan GrabFood terkait pembayaran di dalam aplikasi. Maka dari itu, pebisnis yang ingin menjadi merchant GrabFood, akan diminta untuk melakukan pendaftaran dan autentikasi akun OVO sebagai platform pembayaran antara konsumen dan pebisnis.

Dalam proses verifikasinya, tim OVO akan menghubungi pebisnis untuk melakukan validasi dan verifikasi informasi terkait bisnis/restoran. Informasi yang divalidasi seperti nama restoran dan alamat restoran. 

6. Finalisasi dan Training

GrabFood.

Photo :
  • Dok. Grab

Setelah pebisnis melakukan semua tahap proses dan berjalan dengan sukses serta  tervalidasi dengan baik, selanjutnya akan dikirimkan email oleh tim GrabFood berisi bahan training terkait cara menggunakan aplikasi untuk merchant dalam berbisnis makanan. Pebisnis juga akan mendapatkan informasi terkait cara mengaktifkan akun GrabFood Merchant. 

Nah, Itulah tahap-tahap yang harus dilakukan dalam cara daftar GrabFood bagi food merchant yang ingin memperluas penjualan produk mereka. Perlu dicatat dan diketahui juga bahwa proses pendaftaran GrabFood ini gratis tanpa dipungut biaya apapun. Oleh karena itu, para pebisnis harus lebih waspada pada tindakan penipuan yang mengatasnamakan GrabFood Merchant. Selain itu, pastikan juga bahwa keseluruhan data telah kamu isi dengan lengkap dan benar.

Sistem Bagi Hasil Grabfood Tahun 2022

Cara daftar GrabFood

Photo :
  • Paultan

Jika kamu mendaftarkan bisnis kuliner dengan GrabFood Merchant tentu akan ada sistem bagi hasil dengan pihak Grab untuk keuntungan yang diterima dari penjualan usaha makanan dan minuman toko yang didaftarkan.

Pelaku bisnis tidak perlu membayar ongkos driver yang menjemput dan mengantarkan pesanan konsumen. Biasanya biaya driver akan diambil dari sistem bagi hasil pihak GrabFood.

Sistem bagi hasil GrabFood cukup besar yakni sebesar 30%, namun tidak akan mengurangi omset keuntungan usaha. Pilihan pembayaran juga bisa melalui aplikasi OVO dan secara tunai atau bisa juga bisa dilakukan secara COD melalui driver GrabFood ketika pesanan telah sampai kepada konsumen.

Untuk pembayaran virtual dengan aplikasi OVO, GrabFood memberikan sistem potongan bagi hasil sebesar 30% belum termasuk PPN. 

Berikut ini skema perhitungan keuntungan menjadi partner GrabFood:

1. Skema Potongan Bagi Hasil 30%

Harga Penjualan Menu di GrabFood

Potongan Bagi Hasil 30%

Hasil yang Diterima Merchant

Rp 20.000

Rp 6.000

Rp 14.000

Sepintas memang terlihat tidak menguntungkan, namun bisa dilihat dari hasil setelah dipotong yang diterima merchant memang terlihat tipis atau bahkan terlihat tidak ada. Namun, tidak perlu khawatir karena perhitungannya berbeda sebelum dan setelah menjadi partner GrabFood.

2. Perhitungan Nilai Hasil Sebelum Menjadi Partner GrabFood

Biaya Per Menu

Keuntungan Sesungguhnya

Harga Jual Sesungguhnya

Rp 15.000

Rp 5.000

Rp 14.000

Jika belum bergabung dengan GrabFood memang terlihat seperti rugi. Souasnya adalah dengan meningkatkan harga supaya tidak mengalami kerugian dari harga yang sesungguhnya. 

3. Perhitungan Nilai Hasil Setelah Menjadi Partner GrabFood

Biaya Per Menu

Harga di GrabFood

Hasil 30% untuk Aplikasi Grab

Keuntungan Baru

Rp 15.000

Rp 15.000 + 75%  = Rp 26.250

30% dari Rp 26.250 = Rp 7.875

Rp 26.250 - Rp 7.875 = Rp 3.375

Nilai hasil merupakan perhitungan jika bergabung dengan GrabFood. Mungkin terlihat tidak sebesar keuntungan yang sesungguhnya sebelum jadi partner GrabFood, tapi bisa kamu bandingkan dengan omset perbulannya. 

4. Perbandingan Nilai Omset Sebelum dan Sesudah Menjadi Partner GrabFood

Sebelum jadi Partner GrabFood

Setelah jadi Partner GrabFood

Keuntungan x Omset Sebelumnya

Rp 3.375 x 200 order setiap bulan = Rp 675.000

Keuntungan x Omset Sebelumnya Rp 3.375 x 500 order setiap bulan = Rp 1.687.500

Omset setiap bulan bisa lebih besar jika bergabung dengan GrabFood. Kamu bisa memperoleh keuntungan 2 kali lipat lebih banyak karena jumlah orderan yang akan meningkat drastis.

Variasi sistem bagi hasil tersebut berdasarkan pada omset terjamin yang diberikan oleh pihak Grab. Keuntungannya adalah karena usaha kuliner akan dipromosikan dan tidak akan mengalami kerugian, justru itu dapat menjadi peluang untuk menambah keuntungan usaha kuliner.

Apabila bisnis kuliner telah terdaftar di GrabFood ataupun di platform food delivery lain, kamu bisa menggunakan aplikasi order manager dari Hubster untuk mengelola seluruh orderan hanya dalam satu sistem.

Driver Ojol

Dapat Orderan Fiktif, Driver Ojol Ini Bagikan 110 Tusuk Sate ke Panti Asuhan

Seorang driver ojol mendapatkan orderan fiktif 110 tusuk sate, lantar ia membagikannya ke panti asuhan. Hal tersebut menjadi viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
27 Mei 2023