Blibli Jamin Barang Pelanggan sampai 2 Jam, Ada 1 Syaratnya

Armada Blibli Express Service (BES) menggunakan skutik listrik Smoot Tempur.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – E-commerce milik Grup Djarum, Blibli, menjamin setiap pesanan dikirim dengan aman dan cepat untuk menjaga barang tetap dalam kualitas terbaik sampai di tangan pelanggan.

LPEI Bakal Luncurkan E-Commerce Serupa Amazon-Alibaba, UKM RI Bersiap Ekspansi ke Pasar Global

"Ini tentu menjadi keunggulan kami dibanding pelaku e-commerce lainnya," ungkap Co-Founder dan COO Blibli Lisa Widodo. Ia juga mengaku sudah menjalankan salah satu layanan logistik terbaik di industri melalui solusi Fulfillment by Blibli.

Solusi tersebut memiliki 14 gudang atau warehouses yang beroperasi 24 jam dengan total luas lebih dari 130 ribu meter persegi, 33 hubs, serta armada pengiriman Blibli Express Service (BES) Paket berisi lebih dari 750 tenaga profesional dan berpengalaman.

Samsung Experience Lounge Hadir di Jakarta, Semua Serba Pakai AI

Menurut Lisa, Blibli berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di setiap operasional yang dilakukan.

"Tentu saja, dalam menjalankan kegiatan logistik, desain gudang kami menerapkan konsep ramah lingkungan seperti hemat listrik, penggunaan e-forklift, pengelolaan air secara efisien dengan rain water tank, serta pemanfaatan limbah kardus yang didaur ulang menjadi wrapping paper," jelasnya.

Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

Sebagai informasi, pemerintah menargetkan untuk mengurangi gas rumah kaca seperti CO2 hingga 29 persen pada 2030 sesuai Paris COP 21.

Hal tersebut dilakukan, salah satunya, melalui Program LCEV (Low Carbon Electric Vehicle) untuk mencapai bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23 persen pada 2025 dan 31 persen di 2030.

Baru-baru ini, Blibli resmi memperkenalkan skuter listrik ramah lingkungan yang akan mendukung kegiatan operasional perusahaan melalui armada pengiriman Blibli Express Service (BES).

Penyediaan skuter listrik tersebut merupakan hasil kerja sama antara Blibli dengan Smoot Motor Indonesia, pionir motor listrik tanpa cas di Indonesia.

Skuter listrik bernama Smoot Tempur ini diklaim bisa bertahan sampai jarak tempuh 60 kilometer satu kali pengecasan baterai. Lisa mengaku jika Blibli Express Service (BES) merupakan armada inhouse milik perusahaan di bawah Grup Djarum itu.

Daya jangkau 60 km

Co–Founder Smoot Motor Indonesia, Kevin Phang dan COO Blibli Lisa Widodo.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Dengan adanya skuter listrik ini maka ia memastikan pelanggan mendapatkan barang yang diinginkan dalam waktu 2 jam saja. "Asalkan jarak pengantaran kurang dari 30 kilometer," tutur Lisa, kala berbincang dengan VIVA Tekno dan sejumlah wartawan di Blibli Warehouse Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat.

Ia menyebut jika saat ini skuter listrik Smoot baru akan digunakan di Jakarta. Ke depan akan berkembang kolaborasi lagi dengan Smoot ke kota-kota lain yang akan diekspansi.

Pada kesempatan yang sama, Co–Founder Smoot Motor Indonesia, Kevin Phang, mengatakan jika harga motornya sekitar Rp16,5 juta per unit. Adapun, jangkauan penggunaan baterai motor listrik ini bisa menempuh perjalanan sekitar 50 sampai 60 km.

Kevin memaparkan juga telah memiliki sebanyak 400 titik swap station. Rinciannya, 300 titik di Jakarta dan 100 titik berlokasi di Bali.

Dengan kehadiran titik-titik tersebut, nantinya layanan Swap Energy ini akan menggunakan sistem tukar baterai sehingga pemilik motor cukup mengunjungi tempat pengisian dan melakukan penukaran baterai yang habis dengan yang sudah terisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya