Butuh Stimulus untuk Dongkrak Motivasi Belajar

Quipper.
Quipper.
Sumber :
  • Quipper

VIVA Tekno – Penerapan pembelajaran tatap muka seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang semakin membaik menjadi angin segar bagi banyak pihak, terutama siswa dan guru.

Setelah dua tahun lamanya harus belajar secara online dengan segala keterbatasan, kini kegiatan belajar-mengajar (KBM) sudah dipastikan kembali normal.

Meski demikian, kondisi pendidikan Indonesia saat ini bukannya tanpa tantangan. Sebab, masih ada persoalan pendidikan akibat pandemi yang mesti diselesaikan dengan cepat seperti rendahnya capaian belajar siswa yang berakar dari menurunnya motivasi belajar.

Survei Save The Children 2021 menemukan 40 persen siswa Indonesia merasa kehilangan motivasi belajar selama masa pandemi Covid-19. Tanpa motivasi yang kuat, baik dari internal dan eksternal, hasil pembelajaran pun tidak akan maksimal.

Untuk itu, startup edutech Quipper memberikan kesempatan bagi siswa-siswi jenjang SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia untuk unjuk pengetahuan dalam kompetisi cerdas cermat tingkat nasional bernama Quipper Championship.

Pendaftaran secara resmi telah dibuka mulai dari 15 Juli hingga 30 September 2022.

Lima siswa dengan skor tertinggi dan tiga sekolah dengan peserta terbanyak akan diundang ke babak final yang diselenggarakan di FMIPA, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 29 Oktober mendatang serta berkesempatan membawa pulang total dana pendidikan senilai Rp35 juta.