Roda Industri Kreatif Kembali Berputar

Ilustrasi ekonomi kreatif.
Sumber :
  • UNCTAD

VIVA Tekno – Industri kreatif perlahan mulai bergairah pada tahun ini setelah didera pandemi Covid-19 selama dua tahun. Industri penyelenggara kegiatan atau event menjadi lebih penting karena menjadi salah satu penggerak ekonomi kreatif.

Kombinasi Unik Pertanian dan Pariwisata di Pameran Agrofood dan Wisata 2024

Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang diharapkan mampu menjadi pilar perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Saat ini, pertumbuhan industri kreatif di Indonesia menunjukkan tren positif, sehingga perkembangan sektor ini menjadi salah satu fokus pemerintah.

Threego Indonesia Group berkomitmen untuk mendampingi pemerintah dan asosiasi terkait untuk dapat berkontribusi memajukan industri kreatif melalui standarisasi kompetensi bisnis bagi para pelaku didalamnya.

FedEx PHK Ribuan Karyawan, Ada Apa?

Grup perusahaan yang bergerak pada industri event dan komunikasi kreatif itu memiliki fokus untuk melakukan percepatan pertumbuhan jumlah penyelenggaraan berbagai jenis kegiatan secara masif dan berkualitas.

Hal tersebut akan dicapai melalui model bisnis terintegrasi yang mengutamakan konsep kolaborasi kreatif antar unit bisnis di bawah naungan Threego Indonesia Group.

Direktur Tokopedia Buka Suara soal PHK 450 Karyawan

Menurut Pendiri dan Kepala Eksekutif Threego Indonesia Group Miftakul Arif, industri event dan komunikasi kreatif di Indonesia masih menyimpan potensi yang sangat besar dan belum dimaksimalkan dengan baik.

"Kami memiliki target untuk dapat berakselerasi meningkatkan potensi industri kreatif hingga tiga kali lipat, serta mencapai target pendapatan hingga Rp1 triliun pada tahun ini," kata dia, Sabtu, 28 Januari 2023.

Arif meyakini bahwa target tersebut akan tercapai melalui pemaksimalan konektivitas dan integrasi seluruh bisnis unit yang terdapat didalam grup ekosistem dengan mengedepankan output kreativitas yang maksimal.

Dengan memberikan strategi komunikasi dan penyelenggaraan kegiatan yang berdampak positif yang tidak hanya bagi sektor swasta, namun juga industri ekonomi kreatif di Tanah Air.

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani Mustafa mendukung penuh ekosistem yang diciptakan Threego Indonesia Group.

Di tengah maraknya badai pemutusan hubungan kerja atau PHK yang terjadi pada beberapa sektor industri saat ini, Threego Indonesia Group justru menyerap talenta kreatif sebanyak tiga ribu tenaga kerja melalui jaringan terintegrasi yang tersebar di 30 kota di seluruh Indonesia.

"Di sini kita bisa lihat ecosystem events yang luar biasa, khususnya berkaitan dengan kreatif, target penyerapan tenaga kerja, dan dampaknya secara ekonomi yang dibutuhkan kita semua. Kalau dilihat arah ke depannya maka industri ini punya potensi yang sangat luar biasa dan DNA orang Indonesia adalah kreativitas," jelas Rizki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya