PPKM Dicabut, Ekspansi Bisnis Mau Dikebut

Ilustrasi ekspansi bisnis.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – Presiden Joko Widodo resmi mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia pada 30 Desember 2022.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Alasannya, karena Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 dengan baik dan sekaligus bisa menjaga stabilitas ekonomi.

Pencabutan PPKM juga dilandasi tingginya cukupan imunitas penduduk. Dari Sero Survey pada Desember 2021 berada di angka 87,8 persen.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Pada Juli 2022, berada di angka 98,5 persen. Artinya, menurut Presiden, kekebalan masyarakat secara komunitas ada di angka yang sangat tinggi. Dengan dicabutnya PPKM maka diharapkan pertumbuhan ekonomi semakin cepat.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Salah satu menu hot plate di Platinum Grill.

Photo :
  • reporter

Hal ini tentu akan berimbas pada ekspansi bisnis perusahaan tahun ini. PT Champ Resto Indonesia Tbk misalnya. Perusahaan dengan kode emiten ENAK itu seakan ingin tancap gas begitu pemerintah mencabut status PPKM. Tak heran, karena perseroan mau mendongkrak kinerja yang sejak tahun lalu menorehkan hasil positif.

"Penjualan bersih (belum diaudit) tahun 2022 Rp1,25 triliun. Angkanya tumbuh 60 persen dibanding tahun 2021. Ini dengan kondisi masih ada Covid-19 varian Omicron di awal tahun lalu," kata Chief Financial Officer ENAK Christopher Supit, dalam keterangan resminya, Kamis, 16 Februari 2023.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan mengungkapkan asal-muasal masuknya Covid-19 varian Omicron ke Indonesia dengan kasus pertama diduga berasal dari warga negara Indonesia (WNI) yang tiba dari Nigeria pada 27 November 2021.

Kasus Omicron sempat mengalami puncak penularan yang berada di angka 64 ribu kasus harian sampai akhirnya kondisi pandemi semakin terkendali.

Ia berharap kinerja keuangan ENAK meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan ekspansi outlet pada 2023. "Apalagi, kebijakan PPKM resmi dicabut sejak akhir tahun lalu," paparnya.

Menikmati Pastry Autentik Prancis di Monsieur Spoon

Photo :
  • Istimewa

Sementara itu, Chief Operating Officer ENAK, Hade Mboi, mengaku masih terus melanjutkan ekspansi outlet di tahun ini. Hingga awal Februari kemarin, ia memaparkan sudah menandantangani lebih dari dari 35 kontrak terkait dengan pembukaan outlet dan angka ini diharapkan terus bertambah.

"Kami masih berfokus untuk pengembangan Gokana, Raa Cha, dan Monsieur Spoon. Sama dengan tahun 2022, pembukaan Gokana dan Raa Cha lebih banyak ke daerah suburban dan luar Jabodetabek, bahkan luar Pulau Jawa. Nah, tahun ini kami berencana masuk ke kota-kota baru di Jawa dan Sumatera," jelas Mboi.

PT Champ Resto Indonesia Tbk atau ENAK merupakan pemilik dan pengelola enam brand restoran kenamaan di Indonesia, yakni Gokana, Raa Cha, Monsieur Spoon, Platinum Grill, BMK, serta Chopstix.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya