Amazon Bikin Gebrakan tapi Hasilnya Mengecewakan

Pendiri Amazon Jeff Bezos.
Sumber :
  • Avaaz

VIVA Tekno – Amazon resmi memberhentikan 9.000 pekerja dalam putaran PHK berikutnya, menurut memo kepada karyawan dari CEO Andy Jassy yang dikirim ke pekerja pada Senin lalu.

Tesla PHK 10 Persen Karyawan di Seluruh Dunia

Karyawan yang terkena dampak termasuk mereka yang berperan di AWS, Twitch, periklanan, dan sumber daya manusia. Dalam memonya, Jassy mengutip 'ekonomi yang tidak pasti' sebagai alasan pemotongan dan mengatakan perusahaan telah 'memilih untuk lebih merampingkan biaya dan jumlah karyawan'.

Amazon baru saja mem-PHK 18.000 orang di seluruh perusahaan akhir tahun lalu dan pada Januari kemarin, termasuk pekerja di perangkat keras dan layanan, sumber daya manusia, serta tim ritel.

Mobil Ini Bikin Ratusan Karyawan Apple Dipecat

“Prinsip utama dari perencanaan kami tahun ini adalah menjadi lebih ramping sambil melakukannya dengan cara yang memungkinkan kami untuk tetap berinvestasi dengan kuat dalam pengalaman pelanggan jangka panjang utama yang kami yakini dapat meningkatkan kehidupan pelanggan dan Amazon secara bermakna secara keseluruhan," kata Jessy.

Menurut situs The Verge, Selasa, 21 Maret 2023, ini juga terjadi hanya beberapa hari setelah CEO Twitch Emmett Shear mengundurkan diri dari posisinya, meskipun tidak jelas apakah itu terkait dengan PHK karena Shear akan tetap berada di perusahaan sebagai penasihat.

Pendiri ChatGPT Sam Altman Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates Terlempar

Lebih dari 400 orang terpengaruh oleh pemotongan tersebut, menurut posting blog dari Dan Clancy. Saat Twitch terus berkembang, perubahan terbaru pada cara membagi pendapatan dengan streamer telah membuat beberapa orang merasa frustrasi, sementara beberapa streamer teratas platform telah beralih ke saingan streaming game seperti YouTube.

Twitch.

Photo :
  • The Next Web

“Seperti banyak perusahaan, bisnis kami telah dipengaruhi oleh lingkungan ekonomi makro saat ini, dan pertumbuhan pengguna dan pendapatan tidak sejalan dengan ekspektasi kami,” tulis Clancy.

Dia melanjutkan hntuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan, ia telah membuat keputusan yang sangat sulit untuk mengecilkan ukuran tenaga kerja.

Jassy menjelaskan bahwa perusahaan tidak mengumumkan semua PHK sekaligus karena beberapa tim tidak menyelesaikan analisis internal mereka secara bersamaan.

Menurut memo tersebut bahwa tim yang terkena dampak PHK masih belum membuat keputusan akhir tentang karyawan mana yang akan dipotong.

Perusahaan milik Jeff Bezos itu ingin membuat keputusan ini pada pertengahan hingga akhir April dan memberi tahu karyawan pada saat itu. Mereka yang terkena dampak akan menerima uang pesangon, asuransi kesehatan transisi, dan dukungan penempatan kerja eksternal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya