Digitalisasi Pengadaan Jadi Kunci Efektivitas dan Efisiensi

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Paymill

VIVA tekno – Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil meningkatkan efektivitas dan efisiensi, dalam pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemerintah melalui digitalisasi pengadaan.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Mereka menggunakan Toko Daring Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah atau LKPP, untuk melakukan belanja online.

Hingga bulan April 2023, Pemprov DIY berhasil meningkatkan transaksi pengadaan barang/jasa secara digital hingga lebih dari 400% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Pencapaian ini berkat kerja keras dan komitmen tinggi Pemprov DIY yang mendorong transformasi digitalisasi pengadaan barang/jasa melalui kebijakan terstruktur dan bersinergi dengan berbagai pihak terkait. Pemprov DIY berhasil mentransformasikan belanja pengadaan konvensional ke digital, efisien, transparan, dan akuntabel.

illustrasi belanja online (souce: google)

Photo :
  • vstory
KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Keuntungan dari percepatan digitalisasi ini memberikan dampak positif pada semua aspek kegiatan pembelanjaan barang/jasa Pemprov DIY, dan menjadi acuan kuat bagi kota dan kabupaten di sekitarnya untuk turut mereplikasi aktivitas digitalisasi pengadaan.

Saat ini, kabupaten/kota di DIY lainnya juga mengalami kenaikan transaksi pengadaan secara digital yang signifikan.

Dalam pengadaan barang/jasa melalui Toko Daring LKPP, Pemerintah Daerah DIY menjamin transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi anggaran, serta mempermudah proses monitoring dan evaluasi pengadaan barang/jasa oleh pihak berwenang.

Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang/jasa DIY, Yudi Ismono, menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya mencari cara agar pengadaan barang/jasa dapat dilakukan secara efektif dan efisien, salah satunya dengan memanfaatkan Toko Daring di kanal LKPP dan Mbizmarket sebagai platform untuk transaksi pengadaan barang/jasa.

Hal ini mendapat dukungan dan antusias dari CEO dan Co-founder Mbizmarket, Ryn MR Hermawan, yang berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah Daerah DIY dalam transformasi pengadaan barang/jasa kebutuhan pemerintah.

Pemerintah Daerah DIY mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di DIY untuk terus memanfaatkan Toko Daring LKPP sebagai metode dalam pengadaan barang/jasa kebutuhan pemerintah.

“Mbizmarket berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah Daerah DIY dalam transformasi pengadaan barang/jasa, dengan menghadirkan fitur-fitur terkini yang dibutuhkan,” ujar Ryn melalui keterangan resmi, dikutip Senin 17 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya