Potensi Besar Web3, Bisa Cegah Bot hingga Melindungi Hewan Langka

Web3.
Sumber :
  • blog.cryptostars.is

VIVA Tekno – Google Cloud adalah layanan Google yang berfokus pada komputasi, penyimpanan, jaringan, big data, pembelajaran mesin (machine learning), internet of things (IoT), serta pengelolaan cloud, keamanan, dan alat developer.

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Layanan ini telah menjadi jembatan Google untuk masuk ke dalam Web3. Apa itu Web3? Ini adalah generasi ketiga dari evolusi web yang berbasis blockchain dengan sistem yang terdesentralisasi.

Dalam Web3, sebuah situs web akan mampu memproses segala bentuk informasi dengan lebih cerdas dengan memanfaatkan teknologi, seperti machine learning, big data, maupun artificial intelligence.

Blockchain Bikin Transaksi Keuangan Lintas Batas Enggak Ribet

Melihat potensi besar Web3 dan sebagai bentuk untuk memajukan industri dan talenta developer Web3 di Indonesia, Coinvestasi dan BlockDevID, mengadakan Web3 Weekend Asia atau W3W.

Web3 Weekend adalah kompetisi Web3 berbasis komunitas pertama di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong inovasi di ekosistem Web3 Indonesia.

Data Center Ini Ngakunya Paling Hemat Energi se-Jakarta

Bukan hanya kompetisi, acara ini juga menyediakan sesi mentoring and coaching dari pakar Web3 di Indonesia agar para peserta bisa belajar langsung bagaimana membangun proyek Web3 yang valid.

Kompetisi yang dimulai sejak 12 April dan berakhir pada 17 Juni 2023 tersebut melahirkan enam finalis yang harus mempresentasikan ide proyek mereka di depan para juri pilihan.

Keenam peserta ini adalah Hexa Play, WasteChain, Encoteki, Sekuya Multiverse, Socioverse, dan Cryptokaget. Sementara jurinya yaitu Rahmat Albariqi selaku Founder & CEO Paras, Markus Liman Raharja selaku Chief Investment Officer BRI Ventures, dan William Sutanto, Co-founder dan CTO Indodax, serta Founder BlockDevID.

Alhasil, WasteChain keluar sebagai juara pertama. Ide proyeknya membawa sistem pengelolaan limbah menggunakan teknologi blockchain untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.

Posisi kedua ditempati CryptoKaget – proyek Web3 yang mencegah bot dan memastikan bahwa hanya pengguna asli yang dapat mengklaim hadiah airdrop, sehingga bisa menciptakan lingkungan Web3 yang aman.

Ketiga diisi Encoteki – proyek NFT yang bertujuan untuk melindungi hewan langka di Indonesia dengan menerapkan insentif penambahan nilai yang menguntungkan bagi masyarakat.

Sedangkan Hexa Play, Sekuya Multiverse, dan Socioverse keluar sebagai finalis. Selain uang tunai dengan total Rp50 juta, keenam finalis ini memperoleh tiket gratis ke Coinfest Asia, acara festival Web3 terbesar di Asia yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 24-25 Agustus 2023.

"Kami melihat banyak komunitas yang memiliki ide bagus dan ingin membuat proyek web3 tetapi tidak ada wadahnya. Kami merasa penting untuk memberikan ruang kepada talenta-talenta web3. Semoga ini bisa menjadi katalis bagi perkembangan web3 di Indonesia," kata Managing Director Coinvestasi Dhila Rizqia, Kamis, 22 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya